Kapan komputer perlu di Instal Ulang ?

Komputer baru biasanya kinerjanya akan terasa melambat atau lemot dalam jangka waktu 6-12 bulan komputer setelah kita membeli, hal ini dikarenakan banyaknya sisa atau berkas-berkas sampah yang memenuhi folder folder temporery di drive C:\, hal ini lah yang menyebabkan komputer menjadi lambat pada saat booting atau shutdown bahkan terkadang muncul dialog box berisi force shutdown atau restart, yang lama kelamaan berubah menjadi eror hang dan tidak bisa shutdown.

Apa yang harus kita lakukan jika tiba-tiba komputer kita bermasalah seperti di atas, solusi termudahnya adalah dengan menginstal ulang OS yang ada atau format ulang komputer. Padahal tidak semua permasalahan yang di alami harus di selesaikan dengan cara instal ulang, kita harus troubleshooting dahulu permasalahan yang di hardapi jika gagal dan tidak ada solusi lain jalan terakhir adalah instal ulang komputer. 

Walaupun kini hampir setiap orang dapat melakukan instal ulang atau memformat komputer sendiri dengan mudah dan praktis, cukup dengan master OS dengan DVD atau bootable Flashdrive dan ikuti langkah langkah yang telah di tentukan. Namun sebaiknya jika sistem masih dapat berjalan dengan Normal jangan melakukannya instal ulang jika belum ditemukan penyebab atau solusinya. 

Berikut beberapa situasi yang mengharuskan kita untuk menginstal ulang sistem operasi pada komputer : 


Komputer tidak mau booting 
Kondisi dimana komputer tidak mau start biasanya diakibatkan oleh beberpa hal terutama berhubungan dengan hardware, cek dahulu setiap perangkat keras yang ada, terutama memory RAM, VGA, maupun HDD, jika semua sudah di cek dan tetap tidak dapat booting masuk kedalam siystem, lakukan Insatal ulang pada OS (sistem opreasi) 

Banyak muncul pesan error 
Hal ini biasanya muncul pada saat terjadi kerusakan Registry, aplikasi crash.ini yang akan menyebabkan ganguan serta masalah yang menyebabkan error dimana-mana. Jika error disebabkan oleh bug pasa software aplikasi atau OS cukup di perbaiki dengan melakukan update atau patch, namun jika masih terjadi error maka perlu di lakukan instal ulang, dimana OS baru jika sudah di instal pasti akan stabil dan tidak terganggu oleh aplikasi yang error.

Kompuer terasa Lemot 
Saat kompter performanya menurun sering muncul jam pasir tenstu sangat menggangu dan menjengkelkan, menggunakan tools atau software untuk memercepat kinerja komputer terkadang hanya memperbaiki kecepatan sesaat, dikarenakan sudah terlalu banyak kesalahan dalam sistem operasi, segera lakukan format ulang komputer sobat 

Komputer Terinfeksi Virus 
Virus merupakan musuh utama baut semua komputer tidak hanya menggangu namun bisa merusak data , software dan hardware yang ada. Bahkan olaeh pakar IT yang berpengalaman pun bisa di buat kerepotan oleh serangan virus, walaupun sudah terinstal antivirus dan di basmi terkadang ada sisa-sisa virus yang masih bercokol di dalam sistem operasi, dan cara yang dapat dilakukan adalah dengan instal ulang sistem operasi pada komputer. 


Pada dasarnya install ulang sistem OS atau memformat adalah agar sistem di dalam komputer dapat bekerja dengan performa seperti pada waktu awal di gunakan Namun. Kita jangan terlalu sering instal ulang komputer atau memformatnya karena terlalu jika terlalu sering malah merusak komponen perangkat keras pada komputer terutama hardisk yang merupakan tempat untuk menyimpan data, hal ini dikarenaka proses instal ulang dan format terjadi proses “read-write” berulang di hardisk yang dapat memperpendek usia hardisk . 



Belum ada Komentar untuk "Kapan komputer perlu di Instal Ulang ? "

Posting Komentar

Masukan kritik dan sarannya ^^

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel