7 Hal yang perlu kita ketahui saat menggunakan AC


 Sobat Kayleon sekarang ini pasti banyak sebagian besar dari kita menggunakan air conditioner atau biasa kita kenal dengan AC, mesin pendingin ini digunakan untuk penyejuk atau pendingin ruangan maupun di dalam kendaraan. 

Seiring dengan berjalanya waktu, kini AC dengan di buat dengan teknologi yang dapat membunuh virus dan bakteri serta hemat daya. Teknologi Plasmacluster dan Inverter merupakan teknologi yang saat ini digunakan dalam mesin AC. Plasmacluster dirancang dapat membunuh virus serta bakteri di dalam ruangan, sementara fungsi inverter sebagai penghemat energi hampir lebih lebih dari 10%. 

Hal yang perlu kita ketahui saat menggunakan AC : 

1.Secara umum suhu ideal yang nyaman dan tidak menyebabkan sakit adalah di suhu 26℃ 


Tubuh kita sendiri sudah bisa menyesuaikan suhu tubuh dengan lingkungan, Namun pada saat suhu luar ruangan dan suhu di dalam ruangan berbeda jauh, kita dapat dengan mudah jatuh sakit. Suhu 26℃ adalah suhu dalam ruangan yang paling cocok, dan suhu ini pun paling membuat AC irit daya. Namun disesuaikan dengan kondisi dan daya tahan tubuh kita masing-masing ya sobat. 

2. Kapan kita mengaktifkan fungsi mode Dry pada AC 


Saat musim hujan tiba maka udara di dalam ruangan akan terasa lebih panas dan menjadi lembab, pada kondisi seperti ini, kita bisa menggunakan mode AC dry. 
Mode "dry" ini tidak hanya bisa menyerap udara lembab, tapi juga bisa Menghemat banyak daya listrik 
Pada saat kita menggunakan mode "cool", kipas AC akan secara terus menerus berputar kencang hingga suhu ruangan menjadi dingin, hal inilah yang menyebabkan listrik menjadi lebih boros, Namun pada saat kita menggunakan mode "dry", kipas pada mesin AC akan berputar lambat dan stabil, sehingga listrik yang digunakan pun lebih irit. 

3. Buka lah jendela, pintu atau ventilasi udara setelah 3 jam atau lebih menggunakan AC 


Jika AC sudah menyala dalam ruangan tertutup selama 3 jamatau lebih , udara di dalam sudah tidak akan fresh lagi, bila dalam 6 jam tidak ada sirkulasi pergantian udara, maka udara ruangan tersebut sudah terpolusi dan tidak baik untuk kesehatan. 
Bila kita mengalami masalah pernafasan, bersin, flu, pusing saat berada dalam ruangan ber-AC yang tertutup, maka kita harus segera membuka pintu atau jendela untuk mendapatkan sirkulasi udara yang sehat dan segar. 

4. Jangan tidur berhadapan dengan arah AC 


Tidur menggunakan AC dengan poisisi terlentang langsung di bawah angin AC yang langsung meniup ke tubuh dapat menyebabkan mulut kering dan tidak baik untuk kesehatan. Usahakan saat menyalakan AC, aturlah arah mulut AC ke arah atas agar tidak langsung terkena ke tubuh kita, hal ini juga akan membuat hembusan angin AC bisa lebih cepat memenuhi ruangan dengan stabil dan merata. 

Menurut penelitian seorang dokter dari Taiwan mengatakan, sebaiknya tidur menyamping bila menggunakan AC, hal ini dapat mencegah kamu bernafas dengan membuka mulut dan membuat aliran udara lebih stabil. 

5. Nyalakan AC dulu, kemudian baru tutup jendela. 

Urutan atau prosedur penting yang harus diperhatikan ketika menyalakan AC adalah menyalakan mesin AC dahulu baru kita menutup jendela ruangan. Hal ini perlu di lakaukan untuk membiarkan udara kotor dalam mesin AC keluar terlebih dan mendapatkan sirkulasi udara baru dari luar, setelah beberapa saat kita memperoleh sirkulasi udara bersih, baru tutup jendela.

6. Jika kita meninggalakan ruangan hanya sebentar tidak usah matikan AC. 

Bayak dari kita selalu mematikan AC saat berpergian sebentar, lalu menyalakan AC lagi saat sampai rumah. Padahal cara ini bukanya menghemat malahan justru membuat kita lebih boros dan tidak baik untuk mesin AC.

Jika AC yang terlalu sering di hidupan dan di matikan ini dapat membuat mesin "bekerja keras" dan cepat rusak. Pada saat kita menyalakan AC, akan menyedot daya listrik hampir mencapai 600-1200 watt. Jika kita hanya berpergian dalam waktu singkat, misalnya 10-30 menit, lebih baik tidak usah mematikan AC. hal ini akan membuat pemakaian listrik lebih hemat 

7.Jangan buru-buru menyalakan AC. 


Banyak dari kita melakukan kesalahan ini, saat masuk ruangan panas kita langsung segera menyalakan AC. hal ini sangat tidak baik untu kesehatan karena pada saat kita berada di bersuhu sangat tinggi, dan langsung menyalakan AC dengan suhu rendah, tubuh kita tidak dapat beradaptasi dengan cepat ini dapat menyebabkan tekanan darah meningkat tinggi dalam sesaat.ini sangat berbahaya untuk orang yang lemah jantung.

Saat kita memasuki ruangan, jangan terlalu buru- buru menyalakan AC, tunggu dulu sampai suhu tubuh kita mulai menyesuaikan, baru nyalakan AC. 

Jangan Lupa share dan bagi info ini semoga bermanfaat untuk kita semua 

Belum ada Komentar untuk "7 Hal yang perlu kita ketahui saat menggunakan AC"

Posting Komentar

Masukan kritik dan sarannya ^^

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel