ARP Boy Band yang menggunakan teknologi canggih hanya di Jepang

Pesatnya perkembangan industri dunia musik tidak dapat di pungkiri dari musik lokal, barat sampai masivnya perkembangan K-pop di seluruh dunia , namun ada satu hal baru dalam industri musik di Jepang dimana sekelompok boys band dengan nama ARP atau kepanjangan (Augmented Reality Performers). 


Bukan Jepang jika tidak menghadirkan sesuatu yang unik aneh namun luar biasa. ARP merupakan boysband yang bukan menampilkan cowok cowok keren atau cantik ala korea  namun mereka merupakan karakter anime atau kartun jepang. Nah lho?



Jadi ARP itu kartun 2D dong cuman film atau video musik doang, eits tunggu dulu dengan kulture budaya serta teknologi yang canggih di jepang sono mereka berhasi memadukan antara teknologi dan seni musik menjadi suatu hal yang baru


Masih ingatkah sobat beberapa tahun yang lalu sempat ada konser dinama karakter vocaloid hatsune miku dapat di tampikan secara nyata menggunakan hologram 3D, namun tidak dapat berinteraksi secara langsung dengan penonton berbeda dengan ARP dimana teknologi Augmented Reality mampu mengabungkan dunia virtual dengan kenyataan. 


Apa itu Augmented Reality ?

Mungkin sobat lebih sering mendengar Virtual Reality (VR) dikarenakan banyaknya perangkat headset VR yang beredar di pasaran serta dukungan aplikasi dan kontentnya, VR pada dasarnya membuat sebuah dunia virtual menjadi nyata dan kita masuk kedalamnya (seolah kita berada di dunia virtual reality dan putus dengan dunia nyata).
Headset Virtual Reality

Sedangkan 
teknologi Augmented Reality justru bekerja sebaliknya yaitu dengan memunculkan atau menambahkan dunia virtual kedalam kenyataan, sehingga kita dapat berinterasi secara langsung dengan objek virtual di dunia nyata. Salah satu contoh yang sederhana adalah game pokemon go yang viral beberapa tahun yang lalu. teknologi inilah yang di kembangkan dan digunakan untuk membentuk boy band ARP

ARP (Augmented Reality Performers), yang terdiri dari 4 karakter bernama : Shinji, Rage, Daia dan Leon ke empatnya merupakan cowok dalam wujud anime, namun mereka dapat mengadakan konser live dan berinteraksi secara langsung dengan penonton. Ya para personil anggota ARP dapat berinteraksi dengan menyapa para penonton, menjawab pertanyaan layaknya sebuah konser, gerakan tarian mereka pun sangat luwes ala boy band K-pop.

ke empat personil ARP
Tidak hany bergelut di dunia musik dan tarik suara Boy band ARP juga melakukan berbagai macam aktifitas lainya layaknya manusia sungguhan yang dapat kita lihat di Youtube resmi mereka official ARP, dimana mereka membuat video blog mereka sendiri, bahkan dalam vlog mereka tidak hanya menggambarkan kesibukan mereka sebagai anggota ARP namun juga kehidupan layaknya manusia pada umumnya seperti menjadi youtuber yang mereview berbagai macam game, makanan, beribadah ataupun kegiatan keseharian mereka selain di  dunia musik.

Penggunaan teknologi Augmented Reality memungkinkan semua itu dengan menggunakan orang asli di belakang panggung merekam semua gerakan mereka secara real time menggunakan motion capture di gabungkan dengan Augmented Reality sehingga dapat menampilakn gerakan karakter virtual ke empat personil ARP secara alami. Begitu pula dengan suara mereka.
Bayangkan jika kedepannta teknologi AR berkembang lebih maju lagi bukantidak mungkin lagi dimana kita dapat bertemu kenshin himura jualan sate, songoku dkk main bola, naruto jalan di mall, atau bahkan doraemon di jalan raya semua itu ditampikan secara nyata.  

Belum ada Komentar untuk "ARP Boy Band yang menggunakan teknologi canggih hanya di Jepang"

Posting Komentar

Masukan kritik dan sarannya ^^

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel