Header Menu

>

Cara Mudah Membuat BackUp Surat dan Dokumen Penting Menggunakan Smartphone

Kayleonweb - Dengan melihat banyaknya daerah rawan bencana dan kondisi gejolak politik yang tidak menentu yang sedang terjadi di berbagai wilayah di Indonesia, Membuat kita selalu terus waspada dan berjaga-jaga dalam segala kondisi untuk keselamatan kita dan keluarga, kita juga perlu  membuat backup dokumen dan surat penting dalam bentuk digital atau digitalisasi. agar dalam keadaan yang tidak terduga kita sudah siap dan tidak terlalu khawatir dengan Dokumen dan surat penting yang kita miliki.




Pentingnya Digitalisasi Surat dan Dokumen 
Pada saat terjadi bencana atau kondisi chaos seperti kerusuhan kita kemungkinan besar tidak sempat memikirkan hal yang lain selain keselamatan diri kita sendiri dan keluarga kita, namun apa jadinya jika dokumen penting dan surat-surat berharga milik kita rusak bahkan hilang, tentu kedepanya akan menjadi masalah. 

Dokumen-dokumen dan surat-surat tersebut sangatlah penting bagi kita karena merupakan bukti valid identitas serta dibutuhkan sebagai syarat administrasi untuk menerima bantuan dari pemerintah dan Lembaga-lembaga bantuan. Selain itu, jika terjadi keondisi dimana hilangnya sertifikat tanah, STNK dan BPKB kendaraan semakin mempersulit kita untuk dapat membuktikan kepemilikannya terhadap tanah dan kendaraan pasca bencana ataupun hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Pada akhirnya, berdampak pada banyak kasus sengketa tanah yang akan muncul.

Salah satu solusi jitu atas permasalahan diatas kita dapat melakukan penerapan digitalisasi dokumen dan surat berharga. Hal ini perlu dilakukan sebagai cadangan backup data jika dokumen asli hilang karena bencana dan hal hal lain yang tidak di inginkan.

Cara Mudah dan Gampang membuat Backup Surat dan Dokumen Penting 
Seiring dengan perkembangan jaman dan kemajuan teknologi sekarang cukup mudah melakukanya kita tidak memerlukan scaner dan komputer cukup dengan menggunakan Smartphone, ya kita dapat BackUp Surat dan Dokumen Berharga Menggunakan Smartphone. Hampir semua dari segala golongan masyarakat telah memiliki smartphone apapun jenis dan merknya dapat kita gunakan asalkan mempunyai kamera yang dapat kita gunakan untuk mengambil foto, sebagai pengganti scanner. jadi kita dapat membuat backup dan digitalisasi surat serta dokumen penting secara mandiri di rumah atau dimanapun.

Kita hanya memerkukan aplikasi yang berfungsi sebagai pengganti scanner di smartphone, ada banyak sekali aplikasi yang tersedia namun Kayleonweb akan memberikan satu aplikasi terbaik dan paling gampang di gunakan untuk membuat backup data dan surat-surat penting. Aplikasi ini tersedia untuk Android dan iOS.


Tiny Scanner
Aplikasi Tiny Scanner ini telah di unduh lebih dari 10 juta pengguna dan mendapatkan rating 4.8 dari total maksimal rating 5. dan memiliki ururan yang terbilang kecil yaitu hanya sebesar 16 MB dan yang paling kerennya adalah aplikasi ini dapat kita unduh secara gratis.

Setelah menginstal aplikasi ini kita dapat menggunakanya dengan mudah, tinggal ambil foto dokumen atau surat penting, atur posisi crop yang sesuai dan langsung kita simpan.

satu dokumen dapat kita simpan dalam bentuk Gambar ataupun file PDF yang dapat berisi beberapa halaman sesuai dengan yang kita inginakn dan yang lebih kerenya lagi kita dapat menyimpanya di Google drive dan penyimpanan cloud lainya sehingga kita tidak perlu repot-repot menyimpanya di perangkat keras seperti hardisk ataupun USB flashdrive.

Cara Mudah Membuat BackUp Surat dan Dokumen Penting Menggunakan Smartphone.

1 Setelah meng instalnya masuklah kedalam aplikasi Tiny Scanner.

2.Pada layar Utama  bagian bawah terdapat 3 tombol yaitu sebuah tombol kamera dan 2 tombol untuk opsi untuk banyak halaman atau hanya satu halaman scan saja, tergantung kebutuhan kita.


3. Setelah mengambil gambar atau foto dokumen kita dapat mengatur dan crop komposisi agar sesuai dan tersedia ukuran lebar seperti A4 dll jika sudah tekan tanda centang di kanan bawah.


4.Selanjutnya kita akan di halaman pemilihan warna pilih lah sesuai apa yang kita inginkan, namun disarankan berwarna seperti setting gambar di bawah ini. Lalu tekan centang




5.beri nama dokumen sesuai keinginn dan mudah untuk kita ingat.



6. Di galeri utama tiny scanner kita akan dapat memilih file - file yang telah kita scan.



7.pilih salah satu filenya dan kita dapat menyimpanya di smartphone atau flash drive ataupun mengirim hasil scan via email namun alangkah baiknya jika kita simpan melalui layanan cloud seperti gambar di bawah ini





Dengan menyimpan di media penyimpanan Cloud seperti google drive kita dapat menggambil file dokumen kita kapan saja dimana saja asalakan ada jaringan internet hal ini jelas jauh lebih mudah dan praktis untuk menggunakanya sebagai media penyimpanan untuk memBackup fil dokumen dan surat-surat penting yang kita miliki.

Demikianlah Cara Mudah Membuat BackUp Surat dan Dokumen Penting Menggunakan Smartphone dengan menggunakan aplikasi Tiny Scanner, semoga artikel ini bermanfaat dan berguna untuk kita semua.


Posting Komentar

0 Komentar