Header Menu

>

Godfather of Broken Heart : Didi Kempot

Beberapa minggu belakangan nama Didi Kempot ramai menjadi perbincangan dan buah bibir di dunia maya dan kalangan netizen, khususnya pengguna media sosial Twitter dan Face book dengan tag Godfather of Broken Heart : Didi Kempot, Namun bagi para penggemar musik jawa campur sari nama didi kempot bukanlah hal yang asing lagi sejak tahun 90 an.

Namun Pada hari Senin (10/6/2019) pagi di trending topik twitter di indonesia nama Didi Kempot sempat jadi trending topic dan banyak videonya yang menjadi viral.ternyata semua ini bermula dari sebuah acara ngobam bersama didi kempot yang Didi adakan di kota Solo pada hari Minggu (9/6/2019).

Didi kempot penyanyi campursari yang berasal Solo, Jawa Tengah ini mengisi acara tersebut.saat didi kempot benyanyi di atas panggung pelantun lagu Stasiun Balapan dan sewu kuto itu memang meng hipnotis para penggemarya dengan lagu-lagu patah hati andalanya serta aksi panggungnya. sampai salah astu penontonya hanyut terbawa kenagan patah hatinya sampai berteriak "BADJINGAN". saking hanyutnya oleh lagu patah hati yang di bawakan oleh Godfather of Broken Heart, momen inilah yang mejadikan titik awal bangkitnya kembali lagu campur sari di tahun 2019.

Dari situlah penggemar Didi Kempot di dunia maya memberikan julukan dan berbagai gelar pada Didi Kempot. sebut saja Bapak Patah Hati Indonesia, Bapak Loro Ati Nasional kemudian Lord Didi, hingga Godfather of Broken Heart. dikarenakan lagu-lagu yang di ciptaka oleh didi kempot selalu mengusung tema patah hati namun enak untuk dinikmati dan bergoyang dengan iringan musik khas campur sari. 

Jika ada dari kita belum mengenal Godfather of Broken Heart : Didi Kempot yang kini menjadi terending di dunia maya yuk kita simak beberapa fakta dari Godfather of Broken Heart ini :

Meniti Karir dari Nol : sebagai Pengamen
Didi Kempot mengawali perjuangan karirnya sebagai seorang musisi jalanan atau pengamen di kota Solo. ia bukanlah penyanyi yang muncul  artis. ia memulai mengamen si sekitar tahun 1984, di kota kelahiranya di Solo. kemudian beberapa tahun berselang, Didi kempot bersama teman-temannya mencoba merantau dan menjajal peruntungan di ibu kota Jakarta.

Pada saat itu, para pengamen dan musisi jalanan saling berlomba-lomba agar dapat masuk dapur rekaman salah satunya dengan cara merekam lagu mereka sendiri lalu membawanya langsung ke produser rekaman.

Jika memenuhi kualifikasi dan bagus sang produser tak ragu untuk mengajak seniman musisi jalanan bergabung rekaman dan meniti karier di industri dunia musik kala itu.Keberuntung memang menaungi nasib didi dan kawan-kawanya, saat ada produser yang tertarik dengan kualitas vokal Didi Kempot lalu mengajaknya masuk ke dapur rekaman.

Tidak Lulus SMA
Siapa sangka seorang didi kempot yang piawai menciptakan lagu-lagu patah hati ternyata tidak tamat sekolah pada saat masih duduk di tingkat SMA, didi remaja memutuskan untuk tidak melanjutkannya dikarenakan keinginan dan bakatnya mejadi seorang seniman. dan juga tidak lepas dari ucapan ayah didi kempot yang pada saat itu berujar bahwa menjadi seniman itu tidak memerlukan pedidikan tinggi karena hal yang terpenting ialah praktek secara langsung.

Adik Dari Almarhum mendiang pelawak Mamiek Prakoso.
Siapa sangka ternyata didi kempot merupakan adik kandung dari pelawak srimulat Mamiek Prakoso, darah seni memang sudah menurun dari orang tuanya Mamiek yang merupakan kakak Didi ketika kecil keduanya sudah dididik dalam dunia seni oleh ayah mereka, Ranto Edi Gudel atau yang iasa di kenal sebagai Mbah Ranto yang berprofesi sebagai pemain ketoprak.
mamiek prakoso anggota srimulat

Saat kecil, Mamiek dan Didi berbeda usia lima tahun, selalu ayah mereka ke tempat kerja. Keduanya selalu duduk menyaksikan ayah mereka bekerja mencari nafkah di pentas, melawak, bermain musik, hingga membuat lagu sehingga  darah seni mengalir di sedari kecil dan saat dewasa Mamiek jadi pelawak, didi jadi penyanyi.


Menjadi Duta Kereta Api
Di album perdana didi kempot lagu yang populer dari didi kempot adalah Single Stasiun Balapan melalui lagu ini nama Didi Kempot pun semakin melambung dan dikenal masyarakat melalui lagu campur sari yang direkam pada tahun 1998, berkat lagu ini pula didi kempot dinobatkan sebagai Duta Kereta Api saat itu.

Cerita di Balik Lagu Stasiun Balapan
Tembang Stasiun Balapan menceritakan .
Lagu stasioun balapan Didi ciptakan pada saat ia masih mengamen disebuah stasiun di Solo di sana.ia terinspirasi dari cerita kehidupan para penumpang di stasiun kereta api tersebut dan dari situ ia berhasil membuat sebuah lirik dengan beberapa kisah cinta kehidupan dan patah hati kereta di Stasiun Balapan.

Terciptanya Nama Kempot
Didi kempot Terlahir dengan nama asli Didi Prasetyo, akan tetapi banyak orang awam yang bertanya-tanya mengenai nama Kempot.
Ternyata nama Kempot adalah singkatan dari Kelompok Penyanyi Trotoar. dan dirinya dulu mengamen bersama teman -temanya di jalanan Yogyakarta sekitar tahun 1984 – 1989.


Posting Komentar

1 Komentar

Masukan kritik dan sarannya ^^