Header Menu

>

Apakah FaceApp Berbahaya untuk Keamanan dan Data Privasi ?

Kayleonweb - Apakah FaceApp Berbahaya untuk Keamanan dan Data Privasi? inilah pertanyaan yang muncul saat lini masa facebook akhir-akhir ini mendadak penuh dengan wajah-jajah tua teman teman kita, menggunakan aplikasi faceapp yang salah satu fungsinya dapat mengubah foto seseorang menjadi tua dengan sangat realistis, #FaceAppChallenge membuat selebritis dan netizen memakainya. Namunbeberapa pakar menyebut ada potensi bahaya FaceAppChallenge yang dapat mengancam privasi dan data diri.

 Apa itu FaceApp?

Aplikasi FaceApp menggunakan teknologi Ai atau Artificial Intelligence untuk dapat mengubah foto wajah pengguna. Akan tetapi beberapa pakar keamanan meng khawatirkan tentang apa yang dilakukan aplikasi FaceApp terhadap foto yang mereka akses.

Aplikasi FaceApp ini sebenarnya telah lama rilis sekitar 2 tahun yang lalu, startup ini diciptakan oleh perusahaan Rusia Wireless Lab, pada tahun 2017 silam. Aplikasi ini akan meminta persetujuan untuk mengakses foto, informasi lokasi, penggunaan data serta history browsing.

Oleh karena itu diharapkan pengguna aplikasi faceapp tampaknya harus lebih berhati-hati dalam menggunakan aplikasi ini. Dikarenakan, aplikasi faceapp ternyata dapat menyebarkan, menyimpan, bahkan menjual foto pengguna sebagai tujuan komersial walaupun foto tersebut sudah dihapus.

Persetujuan sebelum instal FaceApp

Pada umumnya saat menginstal aplikasi kita akan langsung dengan melekan pilihan setuju atau agree pada kolom persetujuan serta syarat penggunaan dari aplikasi di smartphone, sedangkan pada aplikasi tanpa membacanya atau mengerti terlebih dahulu

Di sini, tepatnya di kalimat syarat user konten, FaceApp menyatakan,

"Anda mempunyai seluruh hak konten. Selanjutnya FaceApp tidak mengklaim kepemilikan berdasarkan konten pemakai yang diposting lewat layanan."

Kalimat itu memanglah terdengar seakan menjaga konten- konten milik konsumen ataupun pengguna. Tetapi, yang perlu dicermati ialah kalimat yang tertulis pada awal ketentuan tersebut.

"Kecuali untuk lisensi yang Anda bagikan seperti di bawah ini"

Lalu perhatikan pula pada bagian berikutnya, FaceApp menarangkan kalau lisensi yang dimaksud tidak lain berbentuk lisensi penuh dan tidak bisa dibatalkan. Selanjutnya ini kutipan selangkapnya
"Anda memberi FaceApp lisensi yang berlaku selamanya, tidak bisa dibatalkan, tidak eksklusif, bebas royalti, dibayar penuh, untuk mereproduksi, memodifikasi, mengadaptasi, menerbitkan, menerjemahkan, menciptakan karya turunan, menyebarkan, memajang karya di hadapan orang banyak, serta menunjukkan konten kepunyaan Kamu dengan nama, nama konsumen, ataupun wujud apa pun yang diberikan dalam seluruh bentuk dan saluran sarana, tanpa imbalan pada pengguna".
"Dengan memakai layanan ini, pengguna sepakat jika konten milik konsumen bisa dipakai untuk tujuan komersial. Anda selanjutnya membenarkan jika pemakaian konten untuk tujuan komersial FaceApp tidak akan mencederai user ataupun orang yang telah beri wewenang untuk bertindak dengan namanya."


Secaran umum persetujuan serta syarat penggunaan dari aplikasi FaceApp adalah :

  • Dengan menggunakan FaceApp pihak developer memiliki hak penuh atas foto kita dikarenakan kita telah sepenuhnya memberikan hak atas gambar yang kita peroleh dari aplikasi FaceApp ke pihak pengembang.
  • Pihak developer FaceApp berhak melakukan apa pun dengan foto tersebut, termasuk meyebarkannya dan menggunakannya secara komersial tanpa harus meminta izin atau memberikan kompensasi pengguna FaceApp
  • FaceApp pun tetap dapat menyimpan foto para pengguna di server meski mereka telah menghapusnya secara permanen dari smartphone. 


Semoga artikel ini dapat membantu kita menambah wawasan dalam perkembangan teknologi digital yang semakin pesat, dapat meggunakanya secara bijak di karenakan banyaknya celah-celah keamanan yang dapat di gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab





Posting Komentar

0 Komentar