Header Menu

>

Xiao Mi pamerkan teknologi Kamera Depan Di bawah layar, selamat tinggal poni dan pop up kamera

 Perkembangan Smartphone benar benar luar biasa  bukan lagi hanya dalam segi kemapuan multi media untuk berbagai keperluan, dari segi inovasi dan perkembangan kamera yang di gunakan hampir menyamai kamera profesional seperti DSLR ataupun Mirrorles. setahun belakangan tren kamera depan dengan layat poni ataupun yang terbaru dengan kamera pop up agar dapat memaksimalkan layar agar fullscreen, xiaomi salah satu produsen smartphone asal tiongkok ini membuat gebrakan Xiao Mi pamerkan teknologi Kamera Di bawah layar.

Awal mula kamera depan pada ponsel
Pada tahun 2003, perusahaan Sony Ericsson mengeluarkan handphone jenis Z1010 dengan keunggulan kamera depan beresolusi 0, 3 megapiksel. Bagi perusahaan itu, tujuan pengembangan teknologi kamera depan pada handphone pertama di dunia itu ialah untuk mengakomodasi para pebisnis mengadakan video conference dengan teman kerjanya.


7 tahun bersela, teknologi kamera depan pada handphone sudah memasuki ponsel pintar. Di tahun itu, inovasi kamera depan tidak cuma bisa dikenakan untuk mengambil gambar, tapi juga video, walaupun resolusi kamera masih sebatas VGA. Dikala itu, fitur video call pula telah mulai meningkat.


  • Pada tahun 2011-2013 di saat itu teknologi kamera depan telah meningkat sampai 2-3 MP
  • Pada tahun 2014 resolusi kamera depan kembali meningkat dari 3-5 MP dengan lensa lebar 22-25 mm dan di lengkapi dengan LED flash
  • Tahun 2016 munculnya fiture face beauty dan dual kamera depan serta peningkatan resolusi hingga 20 MP
  • Tahun 2017 kamera depan di lengkapi dengan fiture face id untuk membuka kunci smartphone
  • Tahun 2018-2019 perusahan smartphone berlomba-lomba untuk berinovasi menberikan layar full untuk smartphone dengan memodifikasi tampilan kamera depan model poni atau tear drop dan pop up kamera.

Revolusi terbaru Xiao Mi pamerkan teknologi Kamera Depan Di bawah layar

Pada perengahan tahun 2019 ini banya gebrakan baru dari produsen raksasa smartphone di tiongkok dikabarkan baru beberapa jam kemudian bos Oppo menunjukkan handphone- nya yang memiliki kamera di bawah layar, bos Xiaomi juga ikutan memamperkan hal yang sama.

Sebuah cuplikan diposting Co- Founder dan President Xiaomi Lin Bin di account Weibonya. Diperlihatkannya prototype smartphone yang mempunyai kamera depan terpendam di dasar layar. Agar tidak terkesan menjiplak dari Oppo, Lin Bin mengatakan jika video yang diunggahnya itu direkam sebulan lalu. Jadi dapat diartikan kalau mereka telah memiliki lebih dahulu dibanding Oppo.


Dikutip Android Central, Wang Xiang VP Presiden Xiaomi lalu mengunggah tweet yang berisikan mengenai sistem kerja kamera selfie di bawah layar. Dalam 4 infografis, ia merinci bagaimana layar terkini memakai zona tembus pandang kecil di layar yang mempunyai tingkatan reflektif yang kecil.

Hal tersebut memungkinkan cahaya untuk melintas 2 arah melalui kaca. Pertama, memberikan tampilan di layar pada saat konsumen membutuhkan dan kedua mengizinkan sinar menyinari sensor kamera kala pemakai ber- selfie.

" Teknologi kamera bawah layar Xiaomi dapat jadi solusi terbaik buat layar dengan tampilan penuh disertai kamera depan Dalam suatu video di account Twitter resminya, Xiaomi memperlihatkan suatu handphone yang kamera depannya tidak disematkan di poni ataupun di bagian atas handphone, namun di balik layar.

Xiaomi dalam video itu memaparkan kalau pihaknya sudah sukses menciptakan suatu solusi buat menyembunyikan kamera depan. Teknologi ini nampaknya bakal menyudahi tren mode poni dan kamera pop- up.

Menurut Xiaomi pihaknya telah memasukkan paten teknologi yang dapat membuat layar tembus pandang tanpa memunculkan refleksi cahaya, walaupun pada saat layar dalam keadaan gelap. Perusahaan itu juga mengklaim dapat memasang kamera 20 megapiksel di dasar layar.


Bisa jadi kedepanya bagian depan smartphone akan lebih menarik berkat profil yang terlihat bersih dan full screen karna kamera selfie tidak akan kelihatan oleh mata telanjang. Suatu inovasi yang menarik namun pada saat yang sama yang bisa membuat pengguna mesti mengucapkan selamat tinggal pada film kaca pelindung pada layar karena akan mengurangi kualitas foto.

Sejauh ini belum dipastikan kapan Xiaomi dan Oppo akan merilis smartphone dengan teknologi Kamera Depan Di bawah layar

Posting Komentar

1 Komentar

  1. makin canggih aja nih. tapi yang pasti harganya juga murah hehehe

    BalasHapus

Masukan kritik dan sarannya ^^