Header Menu

>

5 Cara Mencuci Helm Yang Mudah Baik dan Benar



Para pemilik motor sebaiknya juga senantiasa memperhatikan keadaan helm yang digunakan. Karena, helm yang beraroma tidak enak memang amat menjengkelkan serta dapat mengganggu aktivitas berkendara. Selain tidak nyaman digunakan karna membuat kepala gatal, helm yang berbau apek juga dapat membuat rambut harum jadi bau. Untuk itu wajib menguasai trik membersihkan helm yang tepat. Karena, jika salah prosedur, helm kesayangan malah dapat rusak. Ayo, ketahui trik membersihkan helm bagian luar ataupun dalam berikut ini!

1. Pisahkan Bagian Dalam serta Luar Helm

Helm motor terdiri dari 2 bagian, yaitu luar dan bagian dalam. Bagian luar helm terdiri dari kaca serta tempurung helm, sebaliknya bagian dalam terdiri dari styrofoam serta busa yang dilapisi materi berbahan kain. Sebelum memulai cara mencuci, pastikan untuk memisahkan kedua bagian itu terlebih dulu. pada umumnya helm modern telah dilengkapi kancing di bagian busa, alhasil dapat dilepas dengan gampang. Tetapi, bila busa helm sulit ataupun tidak dapat dilepas, sebaiknya tidak perlu memaksakan untuk melepasnya.

2. Bilas astau Basuh Tempurung dan Kaca Helm

Disaat membersihkan helm, Bunda dianjurkan menangani bagian luarnya terlebih dulu. Lepaskan kaca helm, kemudian pakailah lap microfiber untuk menghilangkan debu-debu ataupun kotoran yang menempel di tempurung helm. Sesudah yakin tidak terdapat kotoran tersisa, gunakan wax ataupun krim pemoles. Wax berperan melindungi warna cat helm supaya tidak gampang cacat serta terkikis. Diamkan tempurung helm selama 10 menit, kemudian bersihkan memakai lap kering. Sedangkan untuk penggalan kaca helm, Cukup membersihkannya dengan mengalirkan air dan mengeringkannya dengan kanebo.

3. Mencuci Bagian Dalam Memakai Deterjen

Sesudah bagian luar selesai dibersihkan, berikutnya membersihkan bagian dalam helm. Rendam styrofoam serta busa di dalam air bersih yang dicampur dengan deterjen yang mempunyai kandungan lembut. Biarkan selama 30 menit supaya kotoran rontok. Berikutnya, gosok semua bagian styrofoam dan busa hingga tidak terdapat kotoran tersisa. Segera basuh bagian ini memakai tangan serta pastikan tidak terdapat sisa-sisa busa sabun.

4. Keringkan Helm dengan Benar

Tahap tepat menjemur bagian dalam helm bukan dengan menjemurnya langsung di bawah terik sinar matahari. Tetapi, dengan cara menggunakan kipas angin ataupun hair dryer untuk mengeringkannya. Karena, helm yang dijemur di bawah terik sinar matahari dalam waktu waktu yang lama malah gampang menyebabkan beraroma apek. Tidak cuma itu, cat helm juga gampang pudar bila diletakkan di bawah matahari terlalu lama.

5. Pasang Kembali Semua Bagian Helm

Sesudah seluruh cara pembersihan tuntas, pasang kembali bagian- bagian helm yang terpisah. Tetapi, pastikan semua penggalan helm telah betul- betul kering sebelum merakitnya kembali. Terakhir, semprotkan pewangi khusus helm di bagian dalam. Dengan seperti itu, helm kesayangan betul- betul beraroma fresh serta aman digunakan.

Itulah 5 cara mencuci helm yang mudah baik dan benar, Mencuci helm ini biasanya memerlukan waktu kurang lebih satu jam. Dengan durasi singkat itu, Kamu tidak perlu susah- susah pergi ke jasa mencuci buat membersihkan helm kesayangan. Supaya hasilnya maksimum serta helm mempunyai harum tahan lama, pakailah juga deterjen yang mempunyai aroma lembut serta fresh. 

Demikianlah 5 langkah cara mencuci helm yang mudah baik dan benar. semoga artikel ini dapat membantu kita untuk menambah wawasan dan pengetahuan cara mencuci helm.

Posting Komentar

0 Komentar