Sahur dan Buka Puasa dengan Kongbap, membuat Nasi menjadi lebih sehat kaya serat


Di bulan puasa ini. Yuk kita mencoba memasak nasi dengan cara baru agar lebih sehat kaya serat, Maksudnya bukankah semua nasi itu sama? Kali ini kayleonweb akan menjelaskan mengenai memasak nasi dengan mencampurkan campuran Kongbap multi grain mix, atau dalam istilah bahasa indonesia adalah campuran aneka biji-bijian sehat dan bermanfaat yang di campurkan ke dalam nasi putih. Komposisi bahan dasar Kongbap ini berisi dari banyak dan berbagai macam biji-bijian kaya serat dan bermanfaat untuk tubuh kita. 

Awal mula mengenal kongbab ini berasal dari istri saya yang memberitahukan bahwa di korea ada produk makanan yang baik untuk kesehatan, cara membuatnya pun sangat gampang yaitu dengan mencampurkanya kedalam nasi, nasi akan menjadi lebih sehat dan kaya serat, Wah pasti ini efek positif dari kebanyakan nonton K-Drama "hahahahha....".

Sajarah dan asal muasal kongbap

Menurut sejarah Kongbap ini berasal dari tradisi Negara Korea pada saat jaman penjajahan Jepang. Dimana Pada jaman dahulu pada saat kedua negara ini dilanda peperangan sehingga saat terjadi kesulitan bahan pangan para penduduk di korea terbiasa mencampur beras putih dengan aneka biji-bijian. Kebiasaan dan tradisi tersebut masih tetap di lakukan hingga sekarang. 
 Menurut Wikipedia, 

Kongbap ("nasi kacang") adalah jenis masakan Korea yang terbuat dari semangkuk nasi yang dicampurkan dengan kacang-kacangan dan biji-bijian. Kongbap awalnya dikonsumsi pada saat zaman penjajahan Jepang saat terjadinya kelangkaan persediaan bahan pangan. Orang Korea pada saat itu hanya mengonsumsi nasi yang ditambahkan dengan biji-bijian dan kacang-kacangan yang mudah didapat.

Setelah googling di internet kami menemukan bahwa produk Kongbab ini sudah di jual dan di produksi di Indonesia, saya dapat menemukanya dengan mudah di supermarket dan toko-toko mini market, setelah melihat secara langsung saya pikir ini adalah makanan burung ^^,


 Kongbap Multi Grain Mix ini termasuk murah dan memiliki banyak varian tergantung dari jenis biji-bijian yang terkandung di dalamya. ada yang dijual per 1 pack (@6 shashet) adalah 15k dan juga kemasan besar 1 Kg. Pada umumnya di kemas dengan bungkus plastik tebal, dengan warna bungkus dominan berwarna Oranye, namun ada juga yang berwana hijau dan coklat, tergantung dari jenis varian biji di dalamnya.

Berikut adalah beberapa macam kandungan biji-bijian yang nantinya akan di campur dan dimasak bersamaan dengan nasi.

  • Beras Merah (Red Rice),
  • Beras Hitam (Black Rice),
  • Barley,
  • Basil (Basil Seed),
  • Beras Ketan (Glutinous Rice),
  • Jagung (Corn),
  • Wijen (Sesame),
  • Millet Merah dan Millet Putih.
Masing masing biji-bijian tersebut memiliki kandungan yang sangat baik buat tubuh.


Kandungan nutrisi Kongbap :

Wijen
Wijen memiliki kandungan minyak nabati, ini bagus untuk mengurangi dan mengontrol kolesterol, menurunkan gula darah serta tekanan darah tinggi,dapat juga berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit, tulang serta pencernaan, selain itu juga dapat mengurangi stres.

Barley
Biji barley memiliki kandungan berbagai macam mineral serta nutrisi seperti magnesium, phosphorus, selenium, chromium, fiber, dan vitamin B I. Biji barley ini juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta berfungsi menstabilkan tekanan darah dan mencegah osteoporosis pada tulang.

Millet
Biji Millet ini memiliki nutrisi yang sangat tinggi, karena kandungan magnesiumnya yang sangat tinggi, fiber, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencerdaskan fungsi otak

Sorgum
Biji sorgum ini sangat kaya akan kandungan fiber, protein, serta kandungan mineralnya seperti zat besi, kalsium, dan potasium. Sorgum atau chanthel juga memiliki manfaat yang melancarkan dan menyehatkan pencernaan, mengendalikan diabetes, bagus untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang.

Jagung

Jagung seperti yang kita ketahui mengandung banyak Kalori, Vitamin dan Mineral. Jagung juga memiliki manfaat untuk melancarkan pencernaan, menyehatkan mata kulit dan jantung.

Mengapa Kongbap untuk kesehatan

Nasi merupakan makanan pokok masyarakat di kawasan asia, dan Indonesia merupakan salah satunya, Perlu kita ketahui bahwa nasi putih memiliki kandungan serat paling sedikit dibanding sumber karbohidrat lainnya. Namun disisi lain, nasi putih merupakan makanan pokok No 1 bagi masyarakat di Indonesia nggak pake nasi nggak kenyang.

Dengan mencampurkan Kongbap ini akan dapat mengatasi permasalahan tersebut. Sehingga kita masih dapat menikmati nasi putih tanpa rasa kwatir seperti biasanya, namun dengan tambahan positif yaitu kebutuhan serat tercukupi hanya dengan menambahkan campuran Kongbap kedalam nasi putih, 

Manfaat Kongbap bagi Kesehatan :

  • Memperlancar pencernaan karena kaya serat yang sangat tinggi.
  • Mengurangi kolesterol dalam tubuh.
  • Mengurangi resiko diabetes.
  • Menjaga tekanan darah dan gula darah.
  • Detoksifikasi ( kongbap memiliki kandungan antioksidan tinggi ).

Campuran biji-bijian di dalam kongbap memiliki kandungan dan manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Terutama kandungan seratnya, Sepiring nasi yang kita konsumsi sekarang jadi lebih sehat dibanding sebelumnya. 

Makan nasi yang telah dicampur Kongbap ini ternyata dapat memberikan efek kenyang lebih lama.

Bagai mana Cara memasak kongbap How to cook it?.


Cara memasaknya pun sangat mudah dan Simpel.
  • Cuci beras hingga bersih,
  • Campurkan sebungkus Kongbap, atau 2 sendok makan   
  • Tambah air secukupnya,
  • Kemudian masak. jika menggunakan rice cooker jangan lupa tekan tombol cook ^^
Tunggu hingga nasi masak maka kita akan mendapatkan nasi yang lebih bergizi dan kaya serat, warnanya jadi lebih menarik, tidak mempengaruhi rasa dan memberi efek kenyang lebih lama.


Campuran nasi dan Kongbap sangat baik untuk kesehatan kita:
Hal ini dikarena Kongbap merupakan sumber nutrisi tambahan yang sangat baik dan alami. Cara penggunaanya yang mudah dan gampang, kita tinggal mencampur nya sewaktu hendak memasak nasi, sangat baik dan bermanfaat untuk tubuh. 

Kini untuk mengkonsumsi makanan sehat dan kaya serat. sangatlah mudah yaitu dengan menambahkan Kongbap sebagai campuran nasi yang kita makan setiap hari, banyak sekali manfaat kesehatan akan kita dapat. Nasi yang telah di campur Kongbap ini juga tidak berubah rasanya, enak dan menjadi lebih menarik karena memiliki warna warni yang menggugah selera makan.


Semoga artikel ini menambah pengetahuan dan informasi kita di dunia kuliner dan kesahatan, selamat mencoba

5 Komentar untuk "Sahur dan Buka Puasa dengan Kongbap, membuat Nasi menjadi lebih sehat kaya serat "

Masukan kritik dan sarannya ^^

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel