Header Menu

>

Mengatasi Windows Cannot Be Installed On Drive 0 Partition 2 Pada Saat Instal Windows

Mengatasi Windows Cannot Be Installed On Drive 0 Partition 2 Pada Saat Instal Windows

 Komputer kini sudah menjadi satu bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan keseharian kita terutama dalam memudahkan pekerjaan, namun ada kalanya  komputer mengalami eror dan harus di instal ulang sebagai jalan terakhir yang harus di tempuh. kita dapat meng instal ulang komputer sendiri dengan mudah, namun ada kendala baru pada saat kita meng instal windows 8 atau windows 10 saat ini yaitu munculnya pesan Windows Cannot Be Installed On Drive 0 Partition 2.

Hal ini pernah saya alami sendiri mencoba mencari solusinya di google dan forum namun mendapatkan solusi yang berbelit belit dengen penjelasan terlalu teknis dan hightech yang membuat kepala tambah pusing, hahahaha, mungkin di karenakan saya jarang gonta ganti hardware komputer jadi pada saat meng instal ulang pc mengalami hal ini.

Semuanya menjelaskan secara bertele-tele apa itu BIOS, sejarah BIOS, Perkembangan BIOS, sistem Legacy dan UEFI Boot, format GPT atau MBR, FAT 32 dan NTFS mana yang lebih baik... tambah pusing saya

Dan beberapa solusi menggunakan cara praktis dan mudah yaitu mengubah format hardisk sesuai dengan format media yang kita gunakan. dengan menggunakan Command prompt "diskpart" > select disk 0 > clean > convert mbr > create partition primary size = xxx > format fs = ntfs... selesai masalah terpecahkan namun.
Hasinya semua data dalam hardisk hilang tak berbekas tekena format

Apa yang mengakibatkan Windows Cannot Be Installed On Drive 0 Partition 2

hai ini terjadi di karenakan tidak sesuanya media intalasi yang di gunakan (DVD atau USB boot) dengan format hardisk sistem windows yang sudah ada sebelumnya.

Mengatasi Windows Cannot Be Installed On Drive 0 Partition 2

saya akan mecoba menjelaskanya secara awam dan tidak terlalu teknis BIOS kini ada 2 macam

  1. Legacy Boot > GPT > FAT32
  2. UEFI Boot > MBR > NTFS

Sesuaikan setingan boot pada BIOS jika pilih UEFI atau Legacy.. jika terjadi kesalahan dan muncul pesan Windows Cannot Be Installed On Drive 0 Partition 2 cukup ulang lagi proses instalasi dan ubahlah setingan boot pada BIOS

Jikalau tadi boot menggunakan UEFI muncul Windows Cannot Be Installed On Drive 0 Partition 2 kini ubahlah menjadi Legacy. jika berhasil maka proses instalasi akan berjalan normal dan dapat memilih partisi utama tanpa harus memformat hardisk secara keseluruhan.

Semoga artikel pengalaman saya ini dapat bermanfaat dan banyak membantu teman2 yang mengalami permasalahan yang sama dalam menghadapi Windows Cannot Be Installed On Drive 0 Partition 2

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Thanks infonya gan , ane pernah hilang data gara2 ubah format tipe hardisk GPT menjadi MBR

    BalasHapus

Masukan kritik dan sarannya ^^