Kapan waktu yang tepat untuk minum kopi

Apakah kamu termasuk salah satu penggemar kopi? 

Jam berapa biasanya minum kopi? 

Apa kita perlu mengetahui kapan waktu minum kopi yang tepat?
www.instagram.com/giesu/

Jika kita mengetahui waktu yang tepat untuk minum kopi, selain menikmati cira rasa dari kopi Kita juga mampu memperoleh manfaat dari kandungan kopi secara maksimal. 

Selama ini, Minum kopi sudah melekat dan identik dengan minuman wajib di pagi hari. Aktifitas keseharian serta rutinitas yang akan di jalani seharian penuh akan membutuhkan energi dan konsentrasi tinggi akan terasa lebih mudah kalau mendapat asupan kafein dari secangkir kopi terlebih dahulu.

Namun kebanyakan Penikmat kopi secara umum akan merasa demikian mereka akan lebih ber energi dan berkonsentrasi setelah menikmati segelas kopi di saat pagi hari, Tetapi  jika ditilik dari sisi kesehatan, Ternyata mengkonsumsi kopi di pagi hari justru memiliki efek tidak bagus bagi metabolisme tubuh kita. 

Sebuah penelitian memperlihatkan bahwa waktu yang efektif untuk minum kopi ternyata bukanlah di pagi hari.


 1. Menengguk secangkir kopi di Pagi hari bisa mengganggu toleransi tubuh terhadap kafein.

Kita sebaiknya mengkonsumsi kopi pada saat produksi hormon kortisol rendah, sedangkan pagi hormon kortisol ini sedang banyak-banyaknya di produksi oleh tubuh kita.

Hormon kortisol ini berfungsi untuk meningkatkan kewaspadaan. Serta membantu mengubah cadangan energi menjadi zat gula agar mudah dimanfaatkan kembali oleh tubuh sebagai bahan bakar. 

Hormon kortisol ini memiliki fungsi yang sama dengan zat kafein yang terkandung di dalam kopi. oleh karena itu jika pada saat jumlah kortisol dalam tubuh masih tinggi ditambah dengan asupan kafein dari kopi, akan saling tumpang tindih antara fungsi dari kafein dan kortisol. Hal inilah yang akan menyebabkan, manfaat kopi jadi tidak efektif jika di konsumsi pada saat pagi hari.


Hal seperti inilah yang dapat menyebabkan kenapa seseorang bisa kecanduan minum kopi di pagi hari. Hal ini diakibatkan karena tubuh sudah terbiasa untuk mengkonsumsi banyak kafein untuk mengungguli tingginya kadar hormon kortisol yang ada dalam tubuh.

www.instagram.com/giesu/

2. Kapan waktu yang tepat untuk mengkonsumsi kopi, pukul 09.30 -11.30

Menurut penelitian kadar hormon kortisol pada tubuh mencapai puncaknya. Sekitar pukul 8.00–9.00; pukul 12.00–13.00; dan terakhir pada pukul 18.00–19.00.

Oleh karena itu, sebaiknya kita menahan diri agar tidak segera meminum kopi sesaat setelah bangun tidur. 

Tunggu waktu yang tepat antara pukul 09.30 -11.30 di mana kadar kortisol dalam tubuh telah  menurun. Pada waktu inilah zat kafein yang terkandung dalam kopi dapat bekerja maksimal dengan membangkitkan rasa "kewaspadaan" yang sudah mulai menurun.

www.instagram.com/giesu/

3. Minumlah Kopi pada saat Sebelum olahraga

Meminum kopi sebelum melakukan aktifitas berolahraga ternyata juga mempunyai manfaat untuk tubuh kita. Efeknya sangat luar biasa, kita dapat mengangkat beban yang lebih berat atau bahkan dapat berlari lebih cepat dari biasanya.

Banyak penelitian dan studi yang menunjukkan bahwa kopi dapat berpengatruh pada peningkatan performa dan energi, hal ini di karenakan karena zat kafein dapat dengan cepat diserap aliran darah. Sebaiknya, kita mengkonsumsi kopi minimal 30 menit, sebelum kita memulai aktifitas olahraga untuk dapat memperoleh hasil yang maksimal.

Penelitian menunjukan bahwa kandungan zat kafein di dalam kopi dapat meningkatkan dan menambah metabolisme tubuh hingga 3%-11% , dan hal ini membantu proses membakar lemak dengan cepat.
www.instagram.com/giesu/

4. Hindari minum kopi di malam hari

Perlu kita ketahui bahwa efek kafein dalam tubuh manusia bisa bertahan kurang lebih selama 6 jam. oleh karena itu, sangat disarankan agar kita berhenti untuk mengkonsumsi kopi pada saat sore hari karena zat kafein akan membuat kita tetap terjaga  sehingga mengganggu kualitas tidur.

www.instagram.com/giesu/
"Tiap orang punya toleransi berbeda terhadap kafein, Namun direkomendasikan agar berhenti untuk mengkonsumsi kopi paling akhir pada pukul 14.00 "
Sekarang kita dapat mengubah jam kebiasaan mengkonsumsi minum kopi agar kita dapat menerima manfaat maksimal dari secangkir kopi.

16 Komentar untuk " Kapan waktu yang tepat untuk minum kopi"

  1. saya selalu minum kopi di malam hari, ternyata itu gak baik yah, baru tau nih, makasih infonya

    BalasHapus
  2. Padahal minum kopi paling nikmat pagi dan malam hari

    BalasHapus
  3. Padahal saya sering minum kopi malam hari,, ternyata gak boleh ya -_-
    Kunjungi balik gan monsuka.com

    BalasHapus

  4. ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
    dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
    segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q

    BalasHapus
  5. Saya penikmat kopi pagi meskipun agak susah cari kopi pagi di cafe.
    Soalnya minum kopi malam bikin nggak ngantuk. Karena alasan inilah saya lebih memilih pagi.

    Makasih Kak informasinya. Salam.

    BalasHapus
  6. Saya kadang mah minum kopi pas ada tugas buat begadang, tapi berdampak buruk jg ya

    BalasHapus
  7. Ternyata meminun kopi di pagi hari berbahaya ya

    BalasHapus
  8. Waktu paling tepat minum kopi itu kalo lagi butuh gan๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  9. waduh saya sehari satu thermos kecil kira kira porsi 4 gelas. itu dari pagi sampai malam. wow. thanks infonya gan.

    BalasHapus
  10. Kalau saya sebagai Pembuat Design Dan Tukag Ngeblog Minum Kopi Sehari bisa 5 sampai 6 Gelas,,,,Biar kerjaan Dan hasilnya juga memuaskan perlu bantuan Kopi

    DESAIN GRAFIS

    BalasHapus
  11. Wah, gua kalo ngopi malem malem nih ๐Ÿ™‚

    BalasHapus
  12. thank infonya gan, jadi tau kapan waktu ngopi yang pas :D

    BalasHapus
  13. Pas banget waktunya, saya kan penjualan kopi

    BalasHapus
  14. Duh Saya suka minum malam hari ....btw mantap infonya makasih

    BalasHapus

Masukan kritik dan sarannya ^^

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel