Header Menu

>

8 Tips Menjaga Kesehatan Ketika musim Hujan Tiba

Photo by Antony Xia on Unsplash

Curah hujan yang tinggi menjelang pada akhir tahun selalu membuat kita untuk waspada. Hujan deras serta suhu yang tak tentu saja akan memyebabkan tubuh rentan dengan segala macam penyakit. Belum lagi bila hujan tersebut menjadikan banjir, yang turut membawa kuman penyebab penyakit.
Tentu Anda tidak mau kalau kondisi tubuh menjadi drop dan hasilnya jatuh sakit. Namun pada kenyataannya, padatnya kegiatan dan cuaca tak menentu sanggup menciptakan Kita rentan dari penyakit. Untuk dapat mengatasinya, ikuti beberapa langkah berikut:


1. Menjaga Asupan Air Minum
Saat musim penghujan kebanyakan orang akan malas minum air alasannya tidak merasa haus. Padahal tubuh mempunyai batas cairan tubuh yang harus dipenuhi setiap harinya. Jika kondisinya tidak terpenuhi, maka tubuh akan mengalami kehilangan cairan tubuh yang berujung pada gangguan kesehatan
Cukupnya asupan cairan tubuh juga menciptakan daya tahan tubuh lebih meningkat. Bahkan, air putih kalau dikonsumsi dengan sempurna sanggup berfungsi sebagai antioksidan dan mengeluarkan racun dalam tubuh. Oleh karena itu, pastikan kita tetap mengonsumsi cairan setidaknya 8 gelas atau 1,5 liter setiap hari.

Photo by bruce mars on Unsplash

2. Tidur yang Cukup

Hindari bekerja sampai larut malam di kantor. Tubuh mempunyai batas untuk bekerja, sehingga diharapkan waktu cukup baginya untuk beristirahat. Tidur akan mengembalikan kondisi tubuh dan memulihkan stamina. Tidur juga sanggup menghilangkan stres dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh Anda. Para andal biasanya menyarankan Anda tidur 6-8 jam per hari

3. Rajin Cuci Tangan
Meski terlihat sepele, mencuci tangan sanggup membunuh kuman dengan efektif sehingga Anda terjaga dari penyakit selama isu terkini hujan. Biasakan untuk mencuci tangan sebelum dan setelah makan, bahkan sehabis Anda beraktivitas. Yang terpenting, juga rajin mencuci tangan sehabis dari toilet. Seperti yang Anda tahu, toilet merupakan salah satu kawasan bersarang kuman. Jika mencuci tangan dengan air saja kurang efektif, gunakan sabun anti kuman yang ampuh

4. Menjaga Pola Makan
Dengan suhu cuaca yang lebih dingin, tentu akan sangat berisiko kalau Anda justru gemar menyantap es krim dan meminum air es ketika isu terkini hujan. Akibatnya, suhu dalam tubuh juga akan menjadi hirau taacuh sehingga penyakit simpel datang. Tak hanya menjaga minuman, masakan pun harus Anda pilih-pilih. Hindari masakan yang dijual di kaki lima. Karena masakan yang biasa dijual di samping jalanan ini lebih terekspos dengan kuman yang ada di luar rumah.

5. Siapkan Payung atau jas Sebelum Hujan
Pepatah sedia payung sebelum hujan memang benar adanya. Persiapkan diri Anda dengan membawa banyak sekali peralatan yang menghalau air hujan. Anda mungkin sudah tahu kalau tetesan air hujan sudah bukan air murni lagi, tapi bercampur dengan kuman dan polusi
Bahkan dari sebuah studi terhadap air hujan, ditemukan bahwa rata-rata jumlah kuman (dari banyak sekali jenis) yang terdapat dalam air hujan yaitu sejumlah 1.362 kuman per sampel air hujan. Maka itu, sungguh penting menjaga biar air hujan tidak mengenai tubuh Anda.

6. Memakan Makanan Hangat
Makanan hangat tak hanya berfungsi menjaga suhu tubuh tetap normal di tengah dinginnya isu terkini hujan. Masakan tertentu ibarat sup ayam bahkan mempunyai khasiat tinggi. Sup ayam rumahan alias buatan sendiri memang merupakan obat paling efisien, ekonomis, sekaligus ampuh untuk penyakit flu
Menurut seorang andal paru-paru dari UCLA School of Medicine, resep obat flu biasanya mengandung acetylcysteine yang juga sanggup ditemukan di dalam sup ayam. Sehabis memakan sup ayam, lendir di paru-paru berkurang sehingga Anda sanggup bernapas lebih lega.



7. Mengenakan Pakaian Tebal
Sama ibarat payung, pakaian yang tebal ibarat jaket juga sanggup menjadi pelindung kulit dari tetesan air hujan. Bukan hanya melindungi dari air, pakaian yang tebal juga menjaga suhu tubuh tetap hangat dari hembusan angin dingin. Hindari menggunakan baju tipis atau tanpa lengan alasannya justru menciptakan tubuh simpel kena penyakit, ibarat flu dan demam.

8. Minum Vitamin
Cara terakhir yang sanggup dicoba yaitu rajin mengonsumsi vitamin atau aksesori tubuh. Salah satu vitamin yang ampuh menjaga tubuh di isu terkini hujan yaitu Vitamin C. Vitamin C berfungsi sebaga antioksidan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Jika Anda kurang suka memakan vitamin dalam bentuk obat, Anda sanggup menyantap banyak sekali buah-buahan yang kaya Vitamin C ibarat jeruk, apel, dan anggur.

Itulah delapan tips menjaga kesehatan ketika musim hujan tiba. semoga asrtikel dan informasi ini bermanfaat untuk kita semua.

Posting Komentar

0 Komentar