3 Cara Mengurangi Dampak Radiasi Dari Smartphone

Smartphone, di satu sisi menunjukkan kemudahan dalam beberapa hal, tetapi di sisi lain mempunyai ancaman yang, bila tak diwaspadai akan berakibat jelek pada kesehatan manusia. Bahaya yang ditimbulkan smartphone ini, bisa diakibatkan oleh sikap pengguna yang tidak memperhatikan peringatan penggunaan contohnya berjalan sambil mengoperasikan smartphone sampai menyetir kendaraan sambil memainkan smartphone. Kecelakaan fatal jawaban sikap tersebut sudah sering dijumpai di kehidupan sehari-hari.


Tetapi disamping sikap pengguna, smartphone juga disebut-sebut mempunyai sesuatu yang berbahaya. Adalah paparan radiasi radiofrekuensi energi elektromagnetik yang dikeluarkan smartphone. Paparan radiasi tersebut berbahaya bila diterima oleh insan secara simultan dalam waktu yang usang alasannya ialah mempengaruhi kesehatan manusia. Lalu bagaimana bila insan sudah terlalu ketergantungan pada smartphone, adakah cara untuk menangkal atau minimal mengurangi paparan radiasi tersebut? Tentu saja ada, dan inilah tiga cara jitu untuk menangkal paparan radiasi yang berasal dari smartphone.

PERHATIKAN JARAK SMARTPHONE
Jarak disini ialah antara pengguna dan smartphone-nya. Jarak yang terlalu bersahabat diyakini akan menunjukkan dampak yang lebih jelek kepada tubuh. Padahal, rata-rata jarak insan mengoperasikan smartphone kurang lebih ialah sekitar setengah dari panjang lengan manusia. Sebagai pencegahan, memperlebar jarak antara anggota badan dengan perangkat ialah salah satu cara yang paling mudah. Menggunakan perangkat aksesori menyerupai headset bisa cukup membantu. Kemudian mengaktifkan loudspeaker ketika menelepon juga bisa membantu, meskipun harus memahami kondisi sekitar bila ingin mengaktifkan loudspeaker.
Ketika tidur, sebisa mungkin gadget harus dijauhkan dari badan dan dalam kondisi mati.

WAKTU PENGGUNAAN SMARTPHONE
Terlalu usang memandang layar gadget juga diyakini bisa menunjukkan dampak jelek terhadap kesehatan terutama mata. Untuk mencegah radiasi yang berlebihan, waktu yang dipakai untuk memakai gadget harus dibatasi. Jika memang mendesak, maka setiap beberapa jam mata harus diistirahatkan sejenak dari melihat layar gadget.
Selain paparan radiasi, terlalu sering memandang layar gadget juga berpotensi besar merusak kesehatan mata.

PERHATIKAN DAYA SMARTPHONE
Setiap perangkat mempunyai kemampuan menangkap sinyal yang berbeda-beda. Ada yang bisa menangkap sinyal dengan baik, ada pula yang kurang baik. Ketika gadget berada di kawasan yang sinyalnya kurang kuat, maka perangkat akan mengeluarkan daya yang lebih besar daripada di kawasan yang sinyalnya kuat. Untuk mencegah konsumsi daya yang berlebihan ketika berada di kawasan yang sinyalnya kurang kuat.
Gunakan smartphone atau gadget hanya di kawasan yang kekuatan sinyalnya baik. Lihat baik-baik indikator sinyal pada perangkat. Lebih baik perangkat dimatikan bila berada di kawasan yang sinyalnya lemah untuk menghindari konsumsi daya yang berlebihan.

Itulah tiga cara jitu yang bisa dilakukan untuk menangkal paparan radiasi yang dihasilkan oleh smartphone. Smartphone ketika ini memang sudah menjadi kebutuhan pokok manusia, bahkan bagi beberapa kalangan smartphone ialah barang wajib yang harus dimiliki. Tetapi perlu diperhatikan tata cara penggunaan, resiko, dan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan smartphone. 

Belum ada Komentar untuk "3 Cara Mengurangi Dampak Radiasi Dari Smartphone"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel