Waspadai ini 7 ciri ciri jajanan anak yang berbahaya


Makanan dan jajanan sekarang semakin beragam dan semakin bervariasi dapat kita temui di berbagai tempat umum tak terkecuali di lingkungan sekolah yang notabene tempat dimana anak-anak banyak mengkonsumsi jajanan tersebut, Jajanan merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dari anak-anak. Bagi anak-anak bisa dibilang tiada hari tanpa jajanan. Namun banyak jajanan dijual justru merupakan jajanan anak yang berbahaya, karena masih banyak penjual yang menggunakan bermacam cara dan upaya supaya jajanan menjadi murah, serta disukai anak- anak bahkan bahan-bahan yang berbahaya agar jajanan terlihat lebih menarik.padahal  sangat berbahaya dan tidak seharusnya dikonsumsi oleh anak-anak.

Disinilah peran kita sebagai orang tua untuk membimbing dan mengajarkan pada anak- anak supaya dapat memilah jajanan yang sehat. 

Perhatikan 7 ciri ciri jajanan anak yang berbahaya :

1. Warna yang sangat Mencolok
anak-anak pada umumnya sangat tertarik dengan corak warna makanan atau jajanan yang amat mencolok. hal inilah yang dimanfaatkan oleh para orang penjaja jajanan untuk menarik anak dalam membeli jajanan. Tetapi corak mencolok pada jajanan hendaknya diwaspadai sebab dapat jadi memakai pewarna kimia yang berbahaya.

Pewarna makanan sebenarnya aman bagi tubuh manusia. akan tetapi jika menggunakan zat pewarna yang mengandung zat kimia hal ini dapat membahayakan kesehatan anak. Apalagi jika dikonsumsi terus menerus dalam jangka waktu yang lama zat kimia akan mengendap serta terakumulasi dalam badan. hal inilah yang dapat merangsang sel kanker dalam tubuh manusia.

2. Rasanya Amat Kuat dan Tajam.
Salah satu ciri jajanan anak yang berbahaya dan tidak sehat yaitu mempunyai citarasa yang amat kuat dan berlebihan jika dibandingkan denga jajanan tradisional yang lain. Sebagai contohnya jajanan tersebut terasa amat gurih dan terkadang pahit. Jajanan dengan rasa yang sangat gurih menunjukan pemakaian penyedap rasa atau vetsin yang banyak. jajanan seperti ini tentu saja tidak baik buat kesehatan dan berbahaya untuk tubuh anak-anak. Jangankan buat anak, untuk orang dewasa juga berbahaya. Hindari dan jangan konsumsi jajanan dengan jenis rasa yang kuat dan tajam.

3. Berbau aneh dan tidak enak.
Jajanan dengan bau yang mencolok seperti bau tengik, sangat asam ataupun apalagi sampai mengeluarkan bau busuk hal ini menunjukan gejala kalau jajanan tersebut telah kadaluarsa serta hendaknya dihindari. biasanya banyak penjual jajanan membeli bahan denga murah dikarenakan telah mendekati masa kadaluarsa, Sebaiknya anak anak jangan sampai sembarangan mengkomsumsi jajanan yang telah expired atau kadaluarsa dan enggak layak untuk di konsumsi.

4. Dibungkus menggunakan kertas bekas.
Mungkin ini menjadi hal yang biasa kita lihat di sebagian besar penjaja makanan yang menggunakan kertas koran atau kertas bekas sebagai pembungkus dan alas makanan. terutama biasanya pada penjual jajanan dengan cara di goreng, nampaknya hal ini tidak berbahaya dan wajar, tetapi bila ditelusuri lebih jauh lagi jika kita perhatikan membungkus jajanan dengan kertas sisa amat rentan bakteri serta kuman yang berbahaya. sebaiknya hal ini dapat di hindari dengan menggunakan tempat atau wadah sendiri sebab anak kecil sangat rentan terinfeksi kuman beresiko.

5. Jajanan dengan Rasa Manis.
Sebagian besar anak-anak menggemari jajanan yang memiliki rasa manis, mulai dari permen, es krim, sampai kue. Tetapi kita juga harus tau bahwa, jajanan yang dijual juga ada yang mengandung pemanis buatan? Salah satu bahan yang kerapdan sering dimasukkan oleh para orang dagang jajanan adalah pemanis buatan jenis aspartame. Pakar bedah saraf Dokter Russel Blaylock, dalam bukunya Excitotoxins, menyebutkan bahwa aspartame tidak baik untuk kesehatan anak, terutama bagi perkembanggan otak serta ditengarai dapat merangsang penyakit ginjal, dan leukimia. 

Pemanis buatan ini umumnya dipakai oleh para pengidap diabet supaya senantiasa dapat menikmati rasa manis, tanpa mengakibatkan naiknya tingkat gula darah, sebab pemanis buatan hanya memiliki 4 kalori per sendok teh. Tidak hanya itu saja, sakarin aspartam, serta siklamat pun banyak ditemui di jajanan anak sebab sanggup berikan rasa manis 550 kali dari rasa gula biasa. Dampak buruknya adalah sakarin dapat mengendap pada ginjal sehingga dapat merangsang terbentuknya kanker kantong kemih.

Secara normal jika kita mengkonsumsi gula alami lebih dari 4 sendok makan per hari tingkatkan resiko hipertensi, stroke, diabet, serta serbuan jantung. Nah, dapat kita bayangkan saja minuman kemasan yang memiliki sakarin, aspartam, serta siklamat dengan kandungan gula berlipat ganda, pastinya beresiko dan berbahaya buat kesehatan anak.

6. Menggunakan Minyak Jelatah.
Nuget, sosis, Sempolan, Cilok, cilor, cimol, serta sejenisnya adalah jajanan yang nyaris pasti disantap dan di konsumsi oleh kanak- kanak. Dengan harga yang murah serta rasanya yang gurih merupakan daya tarik sendiri bagi anak-anak. Tetapi, kita wajib memberitahu dan meingatkan anak-anak untuk tidak  membeli jajanan dan makanan yang digoreng dengan minyak yang sudah berwarna coklat atau hitam pekat. Bahaya komsumsi minyak jelantah atau minyak yang telah digunakan secara berulang kali dalam jangka waktu panjang dapat memunculkan penyakit degenaratif serta keganasan semacam penyakit hati, kardiovaskular, serta kanker.

7. Penggunaan Garam secara berlebih.
Saat ini sedang viral berbagai macam santapan jajanan ringan yang ditaburi dengan bumbu asin aneka rasa semacam rasa balado pedas, berbeque, keju, dll. Padahal mengkonsumsi garam yang besar seakan udah jadi kebiasaan rutin setiap hari. Nah, salah satu poin dalam keseimbangan gizi agar tercapai adalah dengan mengurangi konsumsi garam(natrium) sebanyak 1 sendok teh setiap hari. Riset membuktikan mengkonsumsi santapan besar natrium dapat menimbulkan hipertensi serta penyakit yang lain. kita pasti tidak ingin kan anak kita masih kecil- kecil udah mengidap penyakit darah tinggi? 

Oleh karena itu ada baiknya kalau kita mengingatkan dan memberi tahukan hal ini kepada anak-anak dan sebisa mungkin selalu menyiapkan makanan untuk bekal anak-anak kita pada saat berada di sekolah. Setidaknya kita mengetahui yang kita siapkan itu baik dan sehat untuk anak-anak kita

1 Komentar untuk "Waspadai ini 7 ciri ciri jajanan anak yang berbahaya"


  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q
    paling diminati di Indonesia

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel