Teknik Dasar Menguasai DSLR atau Mirrorles



Belajar fotografi digital pada zaman sekarang ini siapa pun bisa menghasilkan foto yang bagus meskipun hanya menggunakan kamera saku bahkan kamera ponsel,?
Namun dapat kita ketahui bahwa kamera saku maupun kamera pada smartphone memiliki banyak keterbatasan sehingga jika kita kurang puas kita dapat memilih kamera yang lebih profesional yaitu seperti kamera DSLR atau mirrorless                                     

Modus (mode) pemotretan pada kamera DSLR / mirrorles

Mode pemotretan merupakan cara termudah untuk mengatur settingan yang mempermudah fotografer untuk memperoleh settingan yang sesuai dengan objek dan pencahayaan yang ada. 

Biasanya terdapat 5 mode pada kamera DSLR atau mirrorless mode auto, mode program, mode apeture, mode  shutter priority dan mode manual. Mode-mode ini secara otomatis akan mengatur kombinasi shutter speed diafragma lampu flash dan juga iso. Kecuali pada model manual.

Mode Auto
Model auto ini biasanya digunakan oleh para fotografer pemula, pada mode ini kamera akan menentukan semua setelan secara otomatis hasil dari gambar ditentukan oleh kecerdasan prosesor yang ada di dalam kamera DSLR atau mirrorless.
Pada mode ini fotografer tidak dapat mengubah setelan dan settingan apapun, fotografer hanya tinggal memencet tombol rana.

Mode program
Pada mode ini kamera juga akan bekerja secara otomatis mirip seperti mode Auto, namun kita masih dapat mengubah beberapa settingan mulai dari white Balance sehingga kompensasi exposure. Program ini juga merupakan model yang paling simpel untuk menghasilkan gambar tanpa perlu repot mengatur shutter Speed dan apature

Mode Apeture priority 
pada mode ini settingan bukaan diafragma  menjadi prioritas kita dapat mengubah besaran diafragma pada kamera tetapi kecepatan dan lain-lain akan diatur dan disesuaikan secara otomatis oleh prosesor kamera.

Mode ini digunakan Jika kita ingin mengambil foto dengan depth of field yang sempit atau bokeh gunakan (AV) apeture value yang besar seperti F2,8 atau 4F. 
Demikian sebaliknya jika kita ingin mengambil foto pemandangan aturlah dengan menggunakan 

Shutter Mode 
Model ini biasanya digunakan ketika kita akan memotret sebuah aksi yang cepat seperti balap motor atau olahraga.
Pada mode ini kecepatan Rana sebagai pilihan utama kita hanya dapat mengubah kecepatan Rana tapi diafragma dan yang lainnya akan menyesuaikan secara otomatis

Manual mode
Dalam mode ini kita dapat secara bebas menentukan kecepatan Rana, bukaan diafragma secara manual untuk mendapatkan eksposur yang kita mau, mede ini biasanya di gunakan untuk para alhli profesional yang sudah mahir dan menguasai dasar-dasar ilmu fotografi

Itu adalah kelima mode dasar yang tersedia dalam semua kamera DSLR atau mirrorles, biasanya ada juga model lain yang terdapat dalam dialog seperti mode flash Off, close up, sport atau mode olahraga, night mode, landscape mode, mode portrait dan mudah movie untuk membuat video.

Beberapa mode dasar tersebut yang perlu kita kuasai agar dapat menggunakan kamera DSLR maupun mirrorles dengan baik Setelah itu kita perlu belajar aturan dan model lainnya secara manual, selamat mencoba

Belum ada Komentar untuk "Teknik Dasar Menguasai DSLR atau Mirrorles"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel