Manfaat Jengkol bagi kesehatan tubuh manusia


Di Indonesia jengkol merupakan makanan yang sudah sangat familiar memiliki ciri khas bau yang menyengat dan tajam hampir menyerupai pete namun dengan tekstur berbeda dan memiliki bentuk yang lebih besar serta berwarna kuning kecoklatan.

Sama seperti pete jengkol ini juga memiliki banyak penggemarnya tersendiri dari berbagai kalangan jika sudah dimasak seperti semur jengkol rendang jengkol rasanya sungguh luar biasa dan sangat lezat. Walaupun bayak juga orang yang tidak menyukainya karena baunya yang sangat menusuk hidung terutama saat buang air kecil.

Selain terkenal dengan bau dan rasanya jengkol ternyata juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia, jika kurang menyukai jengkol mungkin akan berubah pikiran jika mengetahui manfaat jengkol pada tubuh.

Manfaat Jengkol

Protein yang tinggi
Jengkol dipercaya memiliki kandungan protein yang tinggi bahkan melebihi kandungan protein dalam kacang hijau dan kedelai, kandungan protein inilah yang membantu pembentukan jaringan dalam tubuh manusia, seperti kita ketahui bahwa tubuh mendapatkan supplay protein melalui susu, tempe, tahu, daging ternyata jengkol pun bisa menjadi sumber protein alternativ bagi tubuh manusia.

Sebuah penelitian di Swedia menyatakan bahwa jengkol memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang sangat tinggi seperti kandungan protein fosfor kalsium zat besi serta mengandung banyak vitamin seperti vitamin A B1 B2 dan vitamin C.

Membunuh sel Kanker
Kandungan pada jengkol inilah yang memberi banyak baik untuk tubuh manusia salah satunya adalah membunuh sel kanker disinyalir 1000 kali lebih efektif dibandingkan kemoterapi

Menghambat Perkembangan kanker dan Diabetes
Sebuah penelitian di Malaysia temukan bahwa ekstrak jengkol dapat menghambat kanker pandangan serta diabetes dikarenakan dalam ekstrak jengkol mengandung anti oksidan yang sangat tinggi

Selain sebagai makanan yang digemari oleh masyarakat di Indonesia jengkol juga terbukti secara sains lambat pertumbuhan sel kanker serta membasmi sel kanker yang tumbuh. Sampai saat ini para peneliti masih melakukan riset kembangkan penelitian agar jengkol dapat digunakan sebagai alternatif pengganti kemoterapi pada pengobatan kanker.

Itulah beberapa manfaat dari kandungan jengkol yang baik untuk kesehatan tubuh manusia,.


3 Komentar untuk "Manfaat Jengkol bagi kesehatan tubuh manusia"

  1. ternyata banyak manfaatnya juga ya, saya suka jengkol,, wkwk
    makasih gan infonya

    BalasHapus
  2. Makasih infonya gann

    apkgratisunduh.blogspot.com

    BalasHapus

  3. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q
    paling diminati di Indonesia

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel