Polar Vortek : fenomena suhu dingin extreme minus 54 derajat dibawah titik beku

Awal tahun 2019 ini beberapa wilayah di kawasan wilayah amerika serikat terkena dapak cuaca yang sangat extrim, suhu dingin diluar batas kewajaran menyebabkan dampak yang sangat parah bagi perekonomian dan aktifitas warga disana, sungai dan danau bahkan air terjun niagara pun membeku.

 Sejumlah negara bagian pun sudah mengeluarkan status darurat, dikarenakan lumpuhnya sarana publik area sekolahan dan kawasan pertokoan pun di tutup, hingga saat ini di laporkan puluhan orang di kabarkan meningal dunia karena mengalami hipotermia.

Minus 54 derajat celcius
Cuaca dingin ekstrim yang melanda amerika serikat ini merupakan hembusan udara dari kawasan artik ke selatan. venomena ini disebut Polar Vortek dimana udara mencapai minus 54 derajat celsius.

Para pekerja di kawasan fasilitas umum melaporkan bahwa pada saat mereka bekerja begitu wajah terkena udara dingin langsung terasa sampai ke akar rambut dan menembus sepatu bot tebalnya, ia mengatakan  ini benar benar di luar akal sehat, hampir sepuluh kali lipat dari suhu terdingin yang pernah ia alami.

Lumpuhnya aktifitas masyarakat
tidak hanya pertokoan dan sekolah yang di tutup fasilitas umum seperti bandara dan stasiun kereta api pundi batasi ahanya untuk keadaan darurat saja, bahkan di daerah cichago rel jalur kereta api sampai harus di bakar agar dapat tetap di gunakan, pembakaran rel kereta ini di tujukan untuk mencegah besi rel berkontarkasi karena membeku.

Bahkan beberapa masyarkat di amerika serikat ramai-ramai mengupload video dan foto tentang fenomena Polar vortek yang mereka alami seperti Garpu yang seolah melayang di atas mie yang membeku layaknya menu mie terbang di indonesia, rambut dan jenggot yang membeku, air panas yang membeku saat di lempar ke udara terbuka, dan gelebung sabun yang membeku sperti bola kristal. 


Dilarang bicara berlebih
fenomena Polar vortek menyebabkan angin menjadi kering dan sangat dingin hal ini dapat memicu iritasi pada paru-paru, pernapasan menjadi pendek bahkan dapt memicu serangan asma bagi para penderita penyakit paru-paru.

Para pakar cuaca dan kesehatan menyarakan jika warga berada di luar ruangan agar mengenakan penutup wajah dan mulut menggunakan kain atau masker yang tebal untuk menyaring udara yang dingin, menghindari menarik napas yang panjang dan meminimalkan berbicara untuk mencegah iritasi pada paru-paru. 

Penyebab Polar Vortez
para ahli masih memperdebatkan penyebab terjadinya cuaca yang sangat extrim ini apakah karena pemanasan global atau perubahan iklim, hingga saat ini para peneliti masih belum menemukan bukti bukti yang kuat apa yg menyebabkan polar vortek di beberapa negara nagian di amerika serikat. 


Belum ada Komentar untuk "Polar Vortek : fenomena suhu dingin extreme minus 54 derajat dibawah titik beku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel