Header Menu

>

Langkah mudah instal ulang komputer sendiri

Komputer sudah menjadi bagian dari kehiduan kita saat ini, belum semua dapat tergantikan oleh smartphone, untuk menjalakan berbagai apikasi maupun sofware yang di perlukan untuk pekerjaan ataupun aktifitas seperti mengetik membuat program ataupun mengolah gambar dan video dengan efisien dan cepat yang belum dapat di kerjakan melalui smatphone secara maksimal.
 Nah pada saat laptop atau komputer kita terkena virus atau mengalami penurunan kinerja yang cukup signifikan, kita harus mengertahui bagaimana cara mengatasinya apakah cukup dengan menggunakan software antivirus, membersihkan registry atau file sampah yang menumpuk di laptop kita, jika belum juga dapat teratasi maka kita harus memformat ulang komputer, jadi kita juga perlu mengetahu kapan kita harus memformat ulang laptop atau komputer.

Jika kita haru memformat ulang komputer atau laptop tidak perlu khawatir kita dapat melakukanya sendiri dengan mudah, berikut langkah-langkah yang harus di persiapkan untuk memformat ulang laptop atau komputer

Sistem operasi Windows OS
persiapakan sistem operasi windows apa yang akan kita gunakan dan sesuai dengan spesifikasi yang pas untuk komputer yang kita punyai, jangan sampai memberatkan kinerja hardware karena processor atau ram tidak memenuhi spesifikasi minimum yang di butuhkan oleh OS. seperti windows xp, windows 7, windows 8.1 ataupun windows paling muktahir saat ini windows 10.

Media bootable
setelah menentukan sistem operasi yang sesuai kini saatnya menentukan media bootable apa yang akan kita gunakan biasanya menggunakan media DVD, namun untuk beberapa kasus seperti netbook atau komputer yang tidak memiliki dvd rom. jangan kwatir kita dapat menggunakan media usb flashdrive atau yang lebih sering kita sebut dengan flashdisk dengan kapasitas minimal 8 GB. dan memformatnya agar dapat berjalan sebagai bootable flashdisk.

Backup Data Penting
Seberlum melanjutkan langkah selanjutnya, untuk meng intal ulang sebuah sistem operasi yang baru kita harus membacku semu data-data penting terutama data pribadi seperti fotoatau  file yang selalu kita butuhkan dan data pekerjaan, tidak hanya di drive C saja backup semua data penting di drive D juga menggunakan external hard disk atau menggunakan claud untuk lebih amannya.

Seting bios
setelah semua siap baik itu media bootable OS (DVD atau flashdisk). kini saatnya masuk ke dalam bios. untuk merubah setingan konfigurasi bootable pada bios biasanya menekan tombol del atau f2 pada saat komputer di nyalakan atau di restart, beberapa memiliki cara masiuk bios pada komputer atau laptop yang berbeda-beda tergantung jari jenis bios atau merk yang di gunakan.

pada tab boot pilihlah media yang di gunaan pada no urut pertama misalkan menggunakan dvd letakan rom dvd pada no 1 atau jika menggunakan flashdisk letakan flash disk pada urutan no 1.
tab boot pada BIOS

tekan F10 untuk save dan exit.

Proses instal ulang OS windows
setelah restart jika settingan kita telah benar akan muncul  tulisan press any button to boot from CD or DVD atau logo windows beserta lambang bola loading berputar. segera  tekan sembarang tombol pada keyboard

Tulisan ini hanya akan muncul selama 3-5 detik, jika terlewati kita tidak akan masuk kedalam proses instalasi OS baru, segera restart ulang sampai muncul menu instal windows, pilih dan ikuti semua langkah yang ada berikut beberapa bagian penting yang harus di perhatikan.

Ikuti semua prosesnya pilih bahasa yang akan di gunakan dan persetujuan centang lalu next sampai ada pilihan upgrade atau custom (advanced).


TIPS : bagian ini merupakan hal yang penting pilihlah “Custom advanced”. ini merupakan pilihan untuk meng instal sistem operasi yang benar-benar fresh atau baru serta akan menghapus semua sistem yang sudah ada sebelumnya.

lalu pilih partisi yang ingin kita gunakan untuk menginstal sistem operasi biasanya Drive : C akan terbaca Drive 0 partition 2 (perhatikan jumlah size dan nama drive c)
pilih bagian drive yang telah di tentukan > Format > lalu tekan next

TIPS : jika kita telah membackup data penting, tidak perlu khawatir jika terjadi kesalahan dalam memformat partisi yang ada, perhatikan nama drive serta kapasitas ukuran drive C, sebelumnya

Jika telah muncul gambar seperti di atas kuti prosesnya sampai semua selesai sobat tinggal menunggu karena semua akan berjalan secara otomatis sampai semua selesai dan lengkap 100% dan akan muncul perintah restart.

Jika terjadi kesalahan dan muncul pesan Windows Cannot Be Installed On Drive 0 Partition 2 Pada Saat Instal Windows. jangan panik ber ati terjadi perbedaan pada sistem boot bios dengan media instalasi hal ini biasa terjadi di OS windows 8 dan 10.

Jika kita menggunakan flash disk segera cabut flashdisknya pada saat proses restart, namun jika kita menggunanakan kepingan DVD biarkan saja saat muncul tulisan press any button to boot from CD or DVD. jangan tekan tombol apapun

Biarkan saja proses berjalan jangan tekan apapun sampai kita masuk ke dalam sistem operasi yang baru.

langkah terakhir instal semua driver dan software yang kita butuhkan serta pasang antivirus.

Sobat kayleon itulah cara untuk menginstal ulang komputer kita sendiri tanpa perlu membawanya ke service atau toko komputer, asalakan sudah di backup kita tidak perlu kwatir dan takut untuk mencobaya jika masih ragu silahkan bertanya di kolom komentar kami akan mencoba membantu, selamat mencoba 


Posting Komentar

1 Komentar


  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q
    paling diminati di Indonesia

    BalasHapus

Masukan kritik dan sarannya ^^