Header Menu

>

Jangan lakukan hal ini di hari Imlek

Setiap tahun baru cina atau yang kita kenal imlek yang di peringati setiap tahun identik dengan angpau liong (naga) dan barongsai serta beraneka ragam ornamen imlek berwarna merah dan emas.
Tahun baru cina juga identik dengan semangat serta keberuntungan dan berkumpul dengan keluarga besar tentunya juga acara makan-makan bersama. nah disaat kumpul bersama ini lah saat yang paling dinanti kita bertemu dengan sanak saudara jangan lupa untuk hal yang kadang sering menjadi kendala yaitu panggilan silsilah keluarga tionghoa dari pihak papa atau pihak mama yang kadang sering salah panggil. namun yang paling di tunggu-tunggu badalah pembagian angpau hehehe..

Namun perlu kita ketahui menurut tradisi orang tionghua secara turun menurun ada beberapa hal atau pantangan yang tidak boleh kita lakukan selama tahun baru imlek karena dipercaya dapat mempengaruhi keberuntungan sepanjang tahun yang baru dimasuki. karena bagi orang tionghua imlek merupakan penentu keberuntungan dan kesusksesan selama satu tahun kedepan

yuk kita ketahui hal-hal apa saja yang tidak boleh dilakukan pada saat imlek.

Jangan menyapu atau membersihkan rumah.
Beberapa hari sebelum menjelang perayaan imlek biasanya, sudah dilakukan kegiatan memebersihkan rumah, dan semua peralatan untuk membersihkan rumah akan disingkirkan atau disimpan sebelum malam tahun baru berlangsung.

Menyapu atau membersihkan rumah dianggap dapat membuang kemakmuran dan keberuntungan keluar dari rumah.

Jangan Mencuci baju
mencuci baju tidak di perbolehkan di hari pertama dan hari kedua imlek , dikarenakan  dipercaya merupakan hari perayaan ulang tahun dewa air

Jangan Keramas
Di hari pertama imlek dilarang mencuci rambut dikarenakan pelafalan rambut dalam bahasa mandarin mirip dengan kata fa yang memiliki makna akan kaya alias tajir, oleh karena itu mencuci rambut di hari pertama imlek dapat dipercaya mecuci (membuang) keberuntungan dan kemakmuran kita selama satu tahun kedepan.

Jangan Meminum Obat.
meminum obat pada hari pertama perayaan imlek merupakan hal yang tabu karena dianggap dapat membawa sakit sepanjang tahun. bahkan banyak dari warga tionghua membuang bramuan obat atau herbal di malam pergantian tahun dengan harapan memperoleh kesehatan sepanjang tahun.

Jangan Bercerita tentang Hantu
Bercerita mengenai hal yang berhubungan dengan hantu di malam pergantian tahun juga dihindari diharapakan agar hal buruk yang berkaitan dengan kematian dapat di hindari di tahun yang baru.

Jangan Makan bubur
Dalam budaya tionghoa bubur merupakan  makanan dari orang miskin, shingga jika makan bubur di hari imlek dipercaya dapat mempengaruhi kondisi keuangan jadi tidak baik.

Jangan Menangis
Menangis pada saat perayaan imek juga merupakan hal yang tabu karena dianggap dapat membawa kesedihan di sepanjang tahun yang baru.

Jangan Meminjang atau Menagih Uang
Menjelang tahun baru imlek masayarakat tionghoa mempercayai bahwa jika kita meminjam atau menagih hutang kita dapat kehilangan harta dan keberuntungan, hal ini di samakan kita kehilangan harta atau direbut nya rejeki kita oleh orang lain

Jangan memberi hadiah berupa sepatu, jam, cermin dan payung
di karenakn dalam budaya tionghoa cermin dipercaya dapat menarik roh-roh jahat, sedang kan sepatu dan payung memiliki makna negatif yang berarti perpisahan.
memberi jam dalam bahasa mandarin memiliki pengucapan yang sama dengan melayat.

Memberi angpau atau amplop merah di percaya memberikan kebahagiaan dan keberuntungan bagi yang menerimanya

Jangan mengenakan baju dengan warna hitam dan putih
hal ini dikaitan dengan kegiatan duka atau melayat oleh sebab itu sangat dihindari mengunakan pakaian warna hitam dan putih di saat imlek

sedangkan penggunaaan baju warna merah dan dekorasi serta asesoris berwarna merah justru sangat disarankan , menurut mitos dahulu kala ada mahluk bernama nian yang mempora porandakan seluruh kampung, namun hanya ada satu rumah yang tersisa dengan kain merah di depan pintunya, sejak saat itulah warna merah di yakini sebagai warna keberuntungan dan pelindungan

Itulah beberapa hal yang menjadi pantangan bagi orang tionghoa di saat merayakan imlek.

Posting Komentar

0 Komentar