Header Menu

>

Tips Merawat Laptop Agar Awet


Halo sobat Kayleon, hampir semua peralatan sekarang beralih ke arah mobile tidak terkecuali perangkat komputer PC yang sekarang banyak tergantikan oleh Laptop yang lebih ringan praktis dan gampang untuk mobile, keawetan dan ketahanan laptop tergantung dari cara kita memakai dan merawatnya yuk kita simak beberapa tips agar laptop kita selalu prima.


Selalu Matikan Laptop (Shutdown)

Laptop kita harus  selalu di shutdown atau di matikan ketika tidak digunakan, banyak kesalahan orang yang hanya menutup layar laptop dan menganggap itu sudah di matikan, padahal laptop dalam kondisi standby tidak sepenuhnya mati, hal ini akan dapat mengakibatkan perangkat cepat panas dan apabila dalam kondisi stanby kita memasukanya kedalam tas akan dapat merusak hardisk, serta sirkulasi udara yang dibutuhkan untuk pendingin sangat kurang karena mesin tetap bekerja dalam kondisi stanby dengan mematikan secara shotdown akan memberikan istirahat bagi processor dan perangkat elektronik di dalam laptop secara sempurna.

Cara membawa laptop

Jika kita membawa laptop dengan tas pastikan selalu laptop sudah shutdown dengan sempurna, jangan  membawa barang barang yang berat dan banyak karena secara tidak sengaja dapat menekan layar lcd dan mengakibatkan kerusakan secara permanen.

Uninstals Bloatware

Bloatware merupakan software tambahan yang di bundle oleh perusahaan pembuat laptop biasanya berupa promosi uninstal saja karena tidak terlalu berguna dan hanya membebani kinerja laptop serta penggunaan RAM.

Selalu Pasang Software Antivirus

Ini merupakan hal yang sangat vital jika kita sering menggunakan port usb sebagai media transfer data dan internet untuk berselancar di dunia maya banyak sekali ancaman malware, spyware, atau ransomware. Installah minimal smadav antivirus lokal yang ringan kecil dan terbukti ampuh dan agar lebih aman dapat di tambahkan dengan antivirus lainya.

Jangan sembarang menginstal aplikasi atau software

Janganlah terburu-buru menginstal aplikasi atau download software dari situs abal-abal, dikarenakan banyak yang telah disisipkan virus, bisa saja sistem dalam laptop kita rusak dan paling parah kita tidak dapat mengakses data penting yang kita miliki.

Selalu update sistem operasi dan antivirus

Banyak dari kita yang menyepelekan masalah update OS dan antivirus ini dikarenakan membuang buang quota internet dan membuat hardisk penuh, padahal pada dasarnya update merupakan perawatan untuk perangkat lunak pada laptop agar dapat memperbaiki bug atau celah keamanan dan mengoptimalakan kinerja, menambahkan fiture terbaru serta mencegah dan memperbaiki kerusakan sistem opreasi yang ada.

Cabut  charger jika batrei sudah penuh

Ingatlah untuk selalu mencabut charger pada lapto jika indikator battrei sudah penuh agar battrei tetap awet tidak rusak karena overcharged, nammun sekarang hampisebagian laptop keluaran terbaru sudah menggunakan teknilogi Trickle Charge yang dapat membuat laptop secara otomatis mengambil daya dari AC power saat batrei sudah terisi penuh sehingga dapat mencegah terjadinyakerusakan serta kebocoran pada battrei.

Bersihkan Laptop Secara Rutin

Minimal tiga kali dalam seminggu kita membersihkan debu yang merupakan sumbermasalah bagi laptop kita, bersihkan sela-sela keyboard dengan kain halus dan cottonbud, begitu pula di bagian celah celah vetilasi agar sirkulasi udara untuk mendinginkan laptop tetap lancar dan laptop tidak gampang panas (over heating)
.
Semoga beberapa tips di atas dapat bermanfaat dan membuat laptop sobat kayleonweb tetap awet, walaupun kondisi laptop masi baru kita jangan malas untuk membersihkanya jangan luap share dan bagikan artikel ini agar bermanfaat juga bagi yang lain.

Posting Komentar

0 Komentar