Bahaya dispenser jika tidak pernah dibersihkan



Sobat kayleon hampir pasti di setiap rumah kita menjumpai dispenser, dari yang sederhana sampai dengan sistem elektronik yang canggih dengan berbagai macam fitur seperti automatis air panas, dingin atau coffe maker yang sudah tersedia di beberapa jenis dispenser terbaru  yang pastinya sangat membantu kegiatan dan aktivitas kita.

Namun banyak sebagian dari kita hanya menggunakan dispenser secara kontinyu terus menerus tanpa membersihkanya sesuai dengan aturan pakai, bahkan sampai bertahun-tahun yang penting dispenser masih bisa digunakan untuk membuat air panas dan dingin.

Hal ini dapat membahayakan kesehatan kita dan keluarga, berikut penjelasan mengapa dispenser bisa berbahaya jika tidak pernah di bersihkan.

Bahaya Penggunaan Dispenser jika tidak pernah di bersihkan

Jika kita mencoba membuka bagian dalam dispenser terutama pada tabung pemanas airnya kita akan mendapati gumpalan putih mirip bubur kertas, gumpalan ini merupakan endapan dari flouride, debu jamur dan partikel lainya yang tidak tersaring secara sempurna pada saat air mineral di produksi.

Gumpalan putih dalam
Pada sebuah penelitian di dapatkan fakta bahwa dalam 1lt air sisa di dalam dispenser dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri-bakteri jahat yang berbahaya bagi tubuh dan kesehatan.

Dapat di bayangkan Jika kita dan keluarga meminum air yang terkontaminasi dengan endapan tersebut dari dispenser yang tidak pernah di bersihkan, akan banyak bakteri yang masuk kedalam tubuh kita. Oleh karena itu kita harus membersihkan dispenser secara rutin agar dispenser tidak menjadi tempat untuk berkembang biak jamur bakteri serta endapan zat lainya yang membahayakan tubuh.

Cara Mudah Membersihkan Dispenser Sendiri

Kita disarankan untuk rutin membersihkan dispenser minimal 2 bulan sekali, bacalah buku manual petunjuk bagaimana cara perawatan untuk membersihkan dispenser yang sobat miliki, karena beberapa dispenser memiliki cara perawatan yang berbeda.

Bersihkan bagian luar dispenser seminggu sekali secara rutin dengan menggunakan tisu basah yang steril dan bersihkan juga bagian galonnya, karena biasanya galon terdapat banyak debu-debu halus yang menempel pada saat kita membelinya di toko.

Membersihkan endapan di dalam dispenser :

  • Gunakan buah lemon
  • Iris tipis-tipis
  • Rebus lah irisan buah lemon tersebut ke dalam air yang sudah mendidih kurang lebig 3-4 menit
  • Lalu taungkan ke bagian dalam dispenser.
  • Selain kotoran dari dalam dispenser bersih dengan sempurna kini dispenser pun memiliki aroma lemon yang segar

Untuk dispenser elektronik,lakukan beberapa hal seperti berikut:

  • Cabut saklar listrik dispenser
  • Kuras air yang tersisa di dalam dispenser melalui saluran bagian belakang atau kran air minum
  • Lepas dan Bersihkan penampung air di bawah kran.
  • Untuk bagian dalam caranya sama seperti di atas menggunakan air lemon.


Begitu sobat cara untuk merawat dan membersihkan dispenser dan cara mengatasinya agar kita semua terhidar dari bahaya, semoga info ini bermanfaat bagi kita semua, jangan lupa share dan bagi ke orang2 terdekat , semoga artikel ini membantu dan bermanfaat


Belum ada Komentar untuk "Bahaya dispenser jika tidak pernah dibersihkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel