Bahaya Kertas Struk Belanja dan Struk ATM


Sobat kayleon taukah bahwa kertas struk (Nota Print) yang biasa kita dapatkan di kasir setelah berbelanja di mall, minimarket, pada saat pembelian di pom bensin, atau yang paling sering pada saat kita mengambil bukti struk atm tarik tunai ternyata kertas struk ini mengandung bahan beracun yang berbahaya bagi tubuh. Mengapa bisa demikian? 

Pada sebuah penelitian yang pernah di lakukan di columbia amerika serikat, Struk kertas thermal ternyata mengandung bahan kimia yang berbahaya yaitu terdapat kandungan BPA

Bishphenol-A (BPA).
BPA berbahaya karena Zat kimia ini dapat berpotensi memicu kanker (karsinogenik) serta menggangu kesimbangan hormon yang berkaitan dengan reproduksi (kemandulan) dan masalah kesehatan lain.

Seorang dokter telah melakukan percobaan kepada beberapa orang untuk memegang struk dengan sarung tangan selama 2 jam terus menerus.ternyata hasil yang di peroleh sangat mengejutkan, pada sampel urine orang tersebut terdeteksi mengandung kadar BPA sangat tinggi hingga mencapai 83%. Dan lebih mengejutkan saat melakukan uji coba memegang tanpa menggunakan sarung tangan, di temukan kadar BPA mencapai 100%! 
  
Memang telah di temukan kandungan berbahaya racun BPA pada struk thermal, akan tetapi dalam penelitian tersebut di haruskan memegang struk thermal selama kurang lebih 2 jam, dan pada kenyatanaya orang tidak akan akan memegang kertas struk selama itu. 

Bahkan Badan Perlindungan Lingkungan Hidup di Amerika Serikat pernah menguji kandungan BPA dalam thermal paper, seperti struk ATM. Pengujian ini menemukan sekitar 2,5 mikrogram bahan kimia BPA dari struk ATM akan terpapar ke tangan kita saat struk tersebut dipegang sekitar beberapa detik. 

Paparan kandungan kimia BPA akan meningkat hingga 1,5 kali, jika struk atm yang menggunakan struk thermal diremas-remas oleh tangan. 

Beberapa hal yang harus kita perhatikan saat mendapatkan kertas struk : 

1. Jangan sampai kertas struk thermal kontak langsung pada makanan, jika makanan masih dalam kondisi panas, reaksi kimia dapat terjadi lebih cepat dan masuk kedalam makanan. 

ini sering terjadi di layanan makanan fastfood dan drive thru, biasanya kasir langsung memasukan kertas struk kedalam kantong makanan yang masih panas seperti kentang goreng. apalagi di pedagang gorengan modern yang telah menggunakan struk thermal ini

2.Jika kita melakukan kontak langsung dengan kertas thermal dalam waktu yang lama dan intensitas yang cukup sering cucilah tangan dengan menggunakan ALKOHOL 70% atau lebih.

alkohol akan melarutan kandungan kimia karbon serta kimia berbahaya BPA yang ada di dalam kertas thermal.

3. Jangan Meremas struk  kertas thermal saat membuang struk bukti ATM tarik tunai untuk mengurangi paparan BPA

4.Racun BPA ternyata juga pada terdapat pada kertas carbonless, atau kertas rangkap 2 atau 3 berwarna warni yang biasa secara umun di gunakan di pertokoan atau di perkantoran

Cara membersihkan paparan BPA dapat di lakukan sama seperti langkah ke 2 di atas. 

Seiring dengan kesadaran akan bahaya kandungan BPA, mulai muncul perusahaan yang telah membuat penelitian dan membuat kertas struk yang aman, yaitu dengan menciptakan kertas struk thermal non-BPA dari bahan daur ulang sehingga ramah lingkungan dan berhasil lulus kualifikasi standart internasional. Namun sampai sekarang produk kertas struk tersebut belum banyak digunakan oleh pasar dan konsumen. 

Hal ini perlu menjadi perhatian yang sangat penting bagi kita yang sering kontak dengan kertas thermal karena secara tidak sengaja kita telah kerkena paparan BPA yang bisa berbahaya bagi kita sendiri

Harap infokan ini kepada kenalan, saudara kita yang terlibat langsung dengan kertas struk atau thermal ini.








Belum ada Komentar untuk "Bahaya Kertas Struk Belanja dan Struk ATM"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel