5 Tips Sehat untuk pekerja Kantoran


Pekerjaan selalu menjadi prioritas utama kita dalam berkarir dan terkadang rutinitas pekerjaan selalu membuat kita gampang lelah dan gampang membuat strees, apalagi  jika bekerja sebagai pegawai kantoran yang seharian penuh duduk di depan layar monitor komputer dan meja kerja, bayangkan 8 jam kerja dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore, istirahat hanya pada saat makan siang hampir semua waktu habis untuk duduk di depan meja kerja.

Jika kondisi ini berlangsung secara terus menerus dan menjadi rutinitas tentu kondisi ini tidak baik untuk kesehatan dan kebugaran kita, so kita dapat melakukan beberqapa cara agar kita selalu merasa segar dan membuat badan bugar meskipun seharian berada di depan meja kerja tau di depan komputer.

Berikut beberapa tips yang dapat  di lakukan di kantor :

1. Selalu biasakan minum air putih
Selalu awali pagi hari dengan meminum segelas air putih hangat atau lemonade hangat, ini akan membantu pencernaan menjadi lebih lancar, bawalah tumbler atau botol minum sendiri dari rumah dan letakan di meja kerja hal ini akan selalu mengigatkann kita untuk sering minum air putih, dengan demikian kebutuhan akan cairan untuk tubuh kita akan selalu terpenuhi, selain bagus untuk ginjal banyak minum air putih dapat memperbaiki mood kita dan membuat badan mejadi segar serta mengu rangi pegal-pegal pada tubuh lho.


Tumbler yang terdapat label ukuran ml akan dapat memudahkan kita mengetahui berapa jumlah cairan yang sudah masuk kedalam tubuh kita, secara umum minum lah air putih 2 liter atau 8 gelas per hari agar metabolisme tubuh tetap terjaga
2. Sempatkan untuk mencuci tangan dan membasuh muka
Biasakan kita untuk selalu mencuci tangan, setelah menggunakan fasilitas umum di kantor, seperti gagang pintu, meja rapat, kursi dan benda lainya atau setelah bersin dan batuk,  hal ini di lakukan agar dapat mejaga tangan kita tatap higienis apa lagi saat hendak makan siang, mungkin banyak orang yang menggangap kegiatan ini sebagai hal yang sepele namun banyak penyakit yang di sebabkan oleh tangan yang tidak higienis.

Membasuh muka pada saat kita merasa lelah akan dapat secara sepontan membuat tubuh merasa lebih fresh dan rileks serta dapat memperbaiki mood yang buruk.

3. Jangan Terlambat untuk makan
Pada saat jam makan siang, segera bergegaslah untuk makan dan jangan pernah menunda rasa lapar saat perut kita sudah mulai keroncongan, asupan makanan pada saat jam makan siang adalah cara agar tubuh tetap sehat, kita juga boleh makan sesekali di luar kantor sambil refreshing namun perlu diperhatikan dalam memilih menu makanan, konsumsi lah makanan yang banyak mengandung protein, dan membawa bekal dari rumah adalah cara yang paling baik agar kita dapat mengatur menu sehat kita sendiri, dengan makanan yang sehat dan teratur akan dapat mengembalikan konsentrasi dan energi agar tetep terjaga sampai jam pulang kerja.

4. Siapakan camilan sehat di atas meja kerja
Menurut beberapa penelitian nafsu makan akan meningkat saat bekerja dalam waktu yang lama dengan posisi duduk atau menatap layar komputer. Sering kita jumpai banyak yang membawa snack kue atau makanan cepat saji bahkan gorengan di meja kerja tentu hal ini dapat menjadi kebiasaan yang tidak sehat. 

Untuk mengatasi hal ini, kita bisa menyiapkan camilan sehat yang berasal dari buah buahan. Membawa  bekal buah dapat digunakan untuk mengurangi camilan tidak sehat. Tak ada camilan yang lebih baik dan lebih sehat dibandingkan dengan mengkonsumsi  buah-buahan segar yang bernutrisi tinggi.



5. Jangan ragu bangkit dari kursi
Pekerja kantoran akan lebih sering duduk dalam waktu lama, apalagi jika kita duduk seharian penuh hal ini dapat meningkatkan resiko ganguan kesehatan seperti kerusakan mata atau ganguan pada tulang belakang, Kebiasaan duduk dalam waktu lama seperti ini juga dapat memicu datangnya berbagai macam penyakit, seperti diabetes tipe 2 dan kanker.

Oleh karena itu, jangan lupa bangkitlah dari kursi kerja dan berjalan berkeliling atau sekedar melrengangkan otot-otot pada tubuh kita beberapa saat. Hal ini akan membantu menghilangkan dan mencegah rasa sakit pada bagian tubuh kita.

0 Response to "5 Tips Sehat untuk pekerja Kantoran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel