Tips Belajar Fotografi Untuk Pemula


Saat kita ingin belajar Fotografi jangan telalu fokus dengan merk atau harga kamera yang kita gunakan, Jika kita memang jago dalam mengambil komposisi gambar objek melalui kamera, kita pasti dapat menghasilakan foto yang bagus.

Prinsip dasar fotografi tidak pernah berubah secara signifikan. tetap pada prinsipnya yaitu cara mengontrol seberapa banyak cahaya diperbolehkan masuk untuk melewati lensa dan ditangkap oleh media perekam.

Namun banyak yang beranggapan bahwa kemajuan teknologi sangat mempengaruhi hasil foto, jika di umpamakan teknologi kamera hanya seperti senapan yang tentunya ketepatanya tembakanya berasal dari orang yang menggunakan senapan (kamera) itu fotografernya.

Saat kita merasa memiliki pasion dalam dunia fotografi dan ingin mempelajarinya, Kita dapat memulainya dari sekarang! ambil kamera dan siaplah membidik. Jangan pernah bayangkan dahulu hal-hal yang rumit dalam dunia fotografi. Pelajarilah hal-hal dasar dalam fotografi.

Berikut adalah beberapa tips belajar fotografi untuk pemula :

1. Pelajari Manual Book dari Kamera yang Kita Miliki 
Pada saat kita membeli kamera, banyak yang menyepelekan tidak membaca manual book, ada baiknya kita membaca Manual booknya terlebih dahulu untuk dapat lebih mengenal kamera kita sehingga pada saat menggunakanya kita dapat mengetahui karakteristik fungsi dan kegunaan setiap tombol dan menu pada kamera kita.



2. Temukan Objek Untuk di Foto
Kita dapat menggunakan berbagai macam benda disekitar kita untuk dijadikan objek kreatifitas. baik itu berupa manusia, hewan, tumbuhan makanan atau action figure mungkin, kita dapat melihat berbagai contoh kreatifitas foto di website dan instagram serta meniru sudutl dan cara mengambil gambarnya.


3. Belajar Exposure
Ini adalah dasar yang harus kita pahami Exposure merupakan kombinasi tiga komponen utama yang akan mengontrol jumlah cahaya masuk kedalam sensor kamera :
  • Shutter speed  : Lamanya waktu “jendela’ didepan sensor kamera terbuka.
  • Aperture         : Berapa besar lensa terbuka saat foto diambil.
  • ISO                 : Ukuran sensitif sensor kamera terhadap cahaya.

Tiga hal diatas merupakan inti dari hasil setiap foto yang kita ambil, kita harus sering mempraktekanya agar dapat mengetahui dan menguasai exposure yang sangat kompleks, so jangan takut dulu mulaihlah dengan mode program untuk dapat memahami exposure secara sederhana sebelum kita mulai belajar menggunakan mode manual untuk dapat mengontrol penuh exposure.

4. Komposisi
Kita dapat mempelajari bagaimana mendapatkan komposisi sebuah foto yang baik melalui buku maupun website. Mempraktekan langkah langkah untuk dapat menghasilkan warna, gerak, emosi dan berbagai macam hal yang dapat menjadikan sebuah foto yang menarik.


5. Perhatikan Lingkungan Sekeliling Kita
Saat kita mulai memotret pasti ada suatu keinginan untuk selalu mendapatkan hasil gambar yang sempurna, jangan terlalu berfokus dengan apa yang ada di depan kita, luangkalah waktu sejenak perhatikan lingkungan di sekeliling kita, cobalah perhatikan setiap objek dan moment yang ada, karena kita tidak akan pernah tau apa yang akan kita dapatkan disana. 


6. Tersenyum
Kita dapat mengambil foto objek manusia secara candid namun terkadang ada beberapa orang merasa terganggu dan tidak merasa nyaman dengan keberadaan kita, hal-hal yang seperti inilah yang harus dapat kita antisipasi, kita harus dapat membuat orangsekeliling kita merasa nyaman dengan keberadaan kita dan kamera.

Caranya? cukup dengan tersenyum kepada model atau orang disekitar kita atau berinteraksi terlebih dahulu, hal ini akan membuat situasi mecair,kita akan dapat merasakan suasana penggambilan gambar yang lebih santai dan menyenangkan.

7. Bergabunglah dengan Komunitas 
Selain belajar secara otodidak ide-ide kreatif juga dapat kita dari orang-orang yang menyukai fotografi, cobalah bergabung dengan komunitas photografer pemula atau hobby foto di lingkungan kita, dimana kita bisa saling support dan sharing tentang berbagai hal dalam dunia fotografi, hal ini akan dapat dengan cepat menambah kemampuan dan skill kita. janganlah merasa sungkan atau malu untuk mempelajari hal-hal yang baru dari orang lain.





10. Perbanyak Jam Terbang Memotret
Jam terbang yang tinggi akan sangat membantu kita belajar dengan baik ketimbang membaca buku, kursus atau tutorial di channel You tube, karena tidak ada yang dapat mengalahkan pengalaman dan jam terbang yang tinggi dalam belajar fotografi. Semua teori dan aturan exposure akan dapat kita kuasai secara efektif dan otomatis jika kita selalu belajar dan mempraktekanya.

Habiskan banyak waktu untuk Memotret dari pada membaca teori atau membeli kamera terbaru
Selamat Belajar Fotografi, Salam Jepret!!

Belum ada Komentar untuk "Tips Belajar Fotografi Untuk Pemula"

Posting Komentar

Masukan kritik dan sarannya ^^

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel